Kompas TV regional berita daerah

Mahasiswa Gelar Lomba Video Tutorial Kerajinan Daur Ulang Sampah, Ajak Berkarya di Masa Pandemi

Selasa, 28 Juli 2020 | 01:07 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Lomba Video Tutorial Kerajinan Tangan Daur Ulang Sampah Se-Kalimantan Selatan (Kalsel) digelar UKM Koperasi Mahasiswa (Kopma) Universitas Islam Kalimantan (Uniska) dalam rangka Hari Lingkungan Hidup se-dunia, Senin (27/7/2020).

Kegiatan yang sebelumnya direncanakan secara langsung diubah menjadi lomba virtual menyesuaikan pandemi covid-19.

Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan, M Yanuar Ridhani, kegiatan lomba dilakukan dengan mengirimkam video tutorial kerajinan tangan pengolahan daur ulang sampah menjadi barang bernilai seni atau barang bernilai guna.

Baca Juga: Panduan Pemotongan Hewan Kurban Selama Pandemi di Banjarmasin Wajib Terapkan Protokol Kesehatan

Penyerahan hadiahpun dilakukan di halaman kampus senin pagi dihadiri para juara.

"Hari ini kami mengumumkan siapa pemenangnya dan sekaligus penutupan kegiatan. Kegiatan ini sudah dijalankan sejak awal Juni lalu dan 27 Juli ini pengumuman hasil. Adapun ini diikuti 21 peserta dari Kalsel," katanya.

Sementara, Ketua Umum Kopma Uniska, Nurhadi, mengatakan, kerjasama tim, meski ditengah pandemi pihaknya tetap bisa menjalankan kegiatan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Lomba tersebut merupakan agenda program kerja tahun ini. Ia berharap kegiatan ini dapat mendorong kreatifitas masyarakat untuk memberdayakan diri selama pandemic dan berdiam di rumah dengan memanfaatkan limbah sampah.

Video-video tutorial yang berhasil dibuatpun diharapkan menjadi inspirasi bagi penontonnya untuk terus produktif selama pandemi.

Baca Juga: Bioskop Batal Dibuka Kembali Akibat Masih Pandemi

Kepala Biro Kemahasiswaan Uniska MAB, Budi Setiadi mengapresiasi kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa di Uniska.

Edukasi ke masyarakat tentang pemanfaatan sampah itu merupakan langkah yang sejalan dengan kampus daripada Tri Dharma Pendidikan Perguruan Tinggi.

"Saya sangat mendukung, mudahan ini bisa dikembangkan lagi hingga kegiatan yang berskala besar," Ucapnya.

Ditengah pandemi ini, sudah sepatutnya tidak menghentikan kreatifitas mahasiswa termasuk dalam menggelar kegiatan yang diharapkan bermanfaat banyak dalam menggerakkan roda ekonomi masyarakat.

Penulis : KompasTV Banjarmasin


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:15
PM BORIS JOHNSON: VARIAN BARU COVID-19 DARI INGGRIS BERPOTENSI LEBIH MEMATIKAN   PEMKAB SLEMAN PULANGKAN PENGUNGSI AKIBAT AKTIVITAS GUNUNG MERAPI PADA 26 JANUARI 2021   POLDA ACEH SEBUT 5 TERDUGA TERORIS MASIH JALANI PEMERIKSAAN SEBELUM DIBAWA KE MABES POLRI   DENSUS 88 SITA BUKU KAJIAN ISIS DAN DOKUMEN BERISI ANCAMAN TARGET TEROR DARI PENANGKAPAN 5 TERDUGA TERORIS DI ACEH   MENPAN RB TJAHJO KUMOLO SEBUT ASN YANG TERBUKTI MENJADI TERORIS AKAN DIPECAT   POLDA METRO JAYA TARGETKAN 100 KAMERA TILANG ELEKTRONIK TERPASANG PADA 2021   KPAI MENILAI KEGIATAN BELAJAR JARAK JAUH MENCIPTAKAN KESENJANGAN ANTARMURID UNTUK DAPAT MENGAKSES PENDIDIKAN   MENKO KEMARITIMAN DAN INVESTASI LUHUT PANDJAITAN JADI KANDIDAT TUNGGAL KETUM PB PASI 2021-2025   BMKG MINTA MASYARAKAT WASPADAI POTENSI CUACA EKSTREM HINGGA FEBRUARI 2021   DRAF UU PEMILU MENGATUR LARANGAN BAGI MANTAN ANGGOTA HTI MENJADI CALON PESERTA DI PILKADA, PILEG, DAN PILPRES    DRAF UU PEMILU MENGATUR PILKADA 2022 BISA DITUNDA JIKA TERJADI BENCANA ALAM DAN NONALAM   SATGAS PENANGANAN COVID-19 SEBUT WHO KEMBALI MENEGASKAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MASKER CEGAH PENULARAN COVID-19   WAKETUM PAN YANDRI SUSANTO TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DAN JALANI ISOLASI MANDIRI   KETUA RISET UJI KLINIS VAKSIN MENGATAKAN 7 DARI 1.820 PESERTA UJI KLINIS POSITIF COVID-19