Kompas TV regional berita daerah

Panduan Pemotongan Hewan Kurban Selama Pandemi di Banjarmasin Wajib Terapkan Protokol Kesehatan

Kompas.tv - 23 Juli 2020, 15:00 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian Dan Perikanan, DKP3 Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menerbitkan panduan pelaksanaan pemotongan hewan kurban pada Idul Adha mendatang.

Diperkirakan masih dalam masa pandemi, pemotongan hewan kurban di Kota Banjarmasin wajib menerapkan protokol kesehatan.

Dimana pemilik hewan kurban tidak perlu hadir menyaksikan pemotongan kecuali dengan syarat diantaranya dalam kondisi sehat, menggunakan masker, menghindari kontak fisik, mengatur jarak dan batas antrean.

Para panitia kurban juga diminta berasal dari lingkungan tempat tinggal yang sama atau satu komplek, sehingga tidak diperkenankan dari orang luar dan diberi jarak minimal 1 meter.

Baca Juga: Pemeriksaan Kelayakan Hewan Kurban Kembali Dilakukan DKP3 Banjarmasin Jelang Idul Adha

Selain itu masyarakat juga nantinya tidak diperkenankan menyaksikan pemotongan hewan selain panitia dan pemilik hewan kurban.

Sementara untuk pembagian daging kurban akan dilakukan langsung dari rumah ke rumah.

Sementara untuk pengawasan, Kabid Peternakan Dan Kesehatan Hewan DKP3 Banjarmasin, Anwar Ziady menyebut pihaknya akan lakukan pemantauan langsung dilapangan.

Namun dengan jumlah petugas yang terbatas, diharapkan kesadaran penyelenggara dan masyarakat lebih diutamakan.

“Kita tim akan turun tapi tidak semua kita datangi. Cuma kita sudah dari awal sosialisasi ke masjid-masjid diberitahu untuk melakukan itu”, Ucap Anwar Ziady.

Baca Juga: Pemkot Susun Perwali, Denda Ratusan Ribu Ancam Warga Tak Pakai Masker di Banjarmasin

Namun, Jika pembagian daging kurban terpaksa tetap harus dilaksanakan di lokasi pemotongan, DKP3 Banjarmasin menyatakan harus dalam pengawasan ketat aparat menerapkan protokol kesehatan.

Sementara DKP3 juga membuka layanan pemotongan kurban di RPH Basirih Banjarmasin, sebagai alternative lokasi pemotongan untuk menghindari keramaian.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.