Kompas TV regional peristiwa

220 Pasukan Elite TNI AU Selesaikan Misi Papua, Belasan Bandara Perintis Aman dari Serangan KKB

Kompas.tv - 22 Juli 2020, 10:17 WIB
220-pasukan-elite-tni-au-selesaikan-misi-papua-belasan-bandara-perintis-aman-dari-serangan-kkb
Pasukan elite prajurit TNI AU Paskhas (Sumber: KOMPAS.com/ALBERTUS ADIT)
Penulis : Tito Dirhantoro

PEKANBARU, KOMPAS TV - Sebanyak 220 prajurit yang merupakan pasukan elite TNI AU Paskhas 462 Pulanggeni telah menyelesaikan misi Papua dan sukses mengamankan belasan bandara perintis dari serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Setelah 9 bulan melaksanakan misi tersebut, ratusan prajurit pasukan elite TNI AU itu akhirnya kembali ke Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Ada dua pesawat hercules milik TNI AU A-1338 dan A-1330 yang mengangkut ratusan prajurit tersebut. Pesawat-pesawat itu berhasil mendarat mulus di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin pada Senin (20/7/2020) sekitar pukul 09.00 WIB.

Baca Juga: TNI Sukses Selamatkan Warga AS yang Disandera 16 Hari oleh Kelompok Bersenjata di Kongo

Para prajurit tersebut langsung sujud syukur usai menginjakkan kaki mereka di Bumi Lancang Kuning.

Beberapa lainnya tampak mengepalkan tangan memanjatkan syukur karena telah menyelesaikan misi dengan baik. 

Tak terkecuali, tangis haru para istri dan keluarga prajurit pecah saat mereka kembali dipertemukan usai berpisah selama sembilan bulan lamanya.

"Mereka baru saja kembali usai melaksanakan tugas pengamanan selama sembilan bulan di Papua," kata Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsekal Pertama TNI Ronny Irianto Moningka, dalam keterangannya yang diterima pada Selasa (21/7/2020).

Baca Juga: Illegal Fishing di Laut Natuna, TNI AL Tangkap 2 Kapal Ikan Vietnam

Ronny menjelaskan, mereka yang diberangkatkan ke Papua tersebut merupakan prajurit pilihan. Mereka telah membuktikan diri sebagai prajurit TNI dalam rangka mewujudkan stabilitas keamanan. 

“Selama di Papua, mereka melaksanakan pengamanan di 11 Bandar Udara perintis. Semuanya berada di bawah kendali Kodam 17 Cenderawasih," ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x