Kompas TV regional peristiwa

Karnaval Internasional Perayaan HUT RI Dibatalkan Akibat Pandemi Covid-19

Kompas.tv - 7 Juli 2020, 08:44 WIB
karnaval-internasional-perayaan-hut-ri-dibatalkan-akibat-pandemi-covid-19
Perayaan HUT RI tahun ini bakal berbeda, digelar secara virtual (Sumber: AFP/ADEK BERRY)
Penulis : Dian Septina

Pemerintah secara resmi meluncurkan program "Bulan Kemerdekaan", pada Senin (6/7/2020). Acara tersebut akan menghadirkan serangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75.

"Kita sudah peroleh komitmen kehadiran belasan negara. Itu upaya Menparekraf dan Bu Menlu. Jadi HUT ke-75 ini rencananya besar-besaran. Kita negara besar enggak boleh kalah dengan negara lain," ujar Pratikno saat menyampaikan keterangan pers melalui kanal youtube Sekretariat Presiden, Senin (6/7/2020).

"Tapi pandemi Covid mengubah semua. Kita harus kerja keras untuk menyesuaikan acara yang sudah kita siapkan termasuk karnaval internasional kita tinggalkan," lanjut Pratikno.

Baca Juga: Mensesneg Pratikno: Rencana Memperingati HUT ke-75 RI Besar-besaran Batal Karena Covid-19

Pemerintah sebelumnya juga telah menyiapkan sejumlah acara internasional untuk merayakan HUT RI ke-75 ini, seperti menggelar pawai yang melibatkan masyarakat internasional. Kendati demikian rencana tersebut harus dibatalkan lantaran pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia meski sudah ada belasan negara yang berkomitmen hadir.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menambahkan, nantinya perayaan HUT RI ke-75 tetap akan diselenggarakan secara besar-besaran secara virtual. Ia menjelaskan, upacara kenaikan dan penurunan bendera akan tetap dilaksanakan secara khidmat, namun dengan peserta yang terbatas. Termasuk jumlah Paskibraka yang terlibat juga sangat terbatas.

Namun bukan berarti partisipasi masyarakat jadi terbatas. Seluruh rakyat Indonesia diharapkan ikut aktif terlibat dalam upacara terutama secara virtual.

Baca Juga: Akibat Covid-19, Mensesneg: Perayaan Bulan Kemerdekaan Indonesia Dilaksanakan Terbatas dan Virtual

"Kami akan memperkenalkan tradisi baru, ketika lagu Indonesia Raya dikumandangkan kami mengajak seluruh masyarakat Indonesia menghentikan kegiatan sejenak, berdiri tegak, dan dengan khidmat mengikuti dikumandangkannya lagu Indonesia Raya. Termasuk masyarakat Indonesia yang berada di luar negeri," kata Pratikno.

Ia pun meminta masyarakat tetap semangat dalam merayakan HUT RI ke-75 di tengah pandemi Covid-19.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x