Kompas TV nasional peristiwa

Mensesneg Pratikno: Rencana Memperingati HUT ke-75 RI Besar-besaran Batal Karena Covid-19

Kompas.tv - 6 Juli 2020, 13:31 WIB
mensesneg-pratikno-rencana-memperingati-hut-ke-75-ri-besar-besaran-batal-karena-covid-19
(Sumber:Tribunnews.com)
Penulis : Zaki Amrullah

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Mensesneg Pratikno menyebut rencana memperingati HUT RI ke-75 yang dirancang besar-besaran sejak akhir 2019 batal terlaksana. Lantaran situasi tanah air masih menghadapi pandemi corona.

“Jadi HUT ke-75 ini rencananya besar-besaran. Kita negara besar tidak boleh kalah dengan negara lain. Tapi pandemi Covid-19 merubah semua,” kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin 6 Juli 2020.

Meski batal, sambung Pratikno, peringatan HUT RI ke-75 harus tetap dilakukan dengan khidmat, sederhana, dan mensyukuri kemerdekaan. Tentunya, sambung Pratikno, tetap dengan menunjukan sebagai negara besar yang kokoh secara ekonomi, dan sosial kebudayaan. Salah satunya dengan memasang logo dan tema HUT RI ke-75 sejak 1 Juli 2020.

Baca Juga: Mensesneg Pratikno: Jangan Ribut, Reshuffle Kabinet Tidak Relevan Dilakukan

“Nanti pada 1 agustus 2020, masuk bulan kemerdekaan, apa yang sudah dilakukan sejak awal Juli kita lanjutkan. Masih ditambah dengan pemasangan bendera merah putih di jalan protokol, tempat umum, di transportasi publik, dan di kantor-kantor,” jelasnya.

Pemerintah sebelumnya menyiapkan sejumlah acara internasional untuk merayakan HUT RI ke-75 ini, seperti menggelar pawai yang melibatkan masyarakat internasional. Namun, semua rencana itu dibatalkan, karena pandemi Covid terjadi di berbagai negara di dunia.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatit Wishnutama Kusubandio menuturkan situasi Covid-19 tidak menjadi kendala untuk memperingati HUT ke-75 RI. Justru, sambungnya, keterbatasan ini membuatnya akan melibatkan berbagai unsur kreativitas dan inovasi dalam perayaan HUT ke-75 RI.

Baca Juga: Polisi dan TNI saling menyuapi di HUT Bhayangkara ke 74

“Agar tetap memberikan makna yang justru membangkitkan semangat dan inovasi anak bangsa. Kita akan membangkitkan semangat anak-anak bangsa lebih baik dari sebelum Covid-19,” harap Wishnutama.

Wishnutama lebih lanjut menuturkan pihaknya tengah menyiapkan secara virtual perayaan HUT ke-75 RI. Selain itu, Wishnutama mengatakan akan ada lomba video digital terkait peringatan HUT ke-75 RI. (Ninuk C Suwanti)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x