Kompas TV nasional berita kompas tv

Shalat Jumat Ganjil Genap, MUI: Itu Alternatif, Masyarakat Boleh Memilih

Kamis, 18 Juni 2020 | 13:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dewan Masjid Indonesia (DMI) menerbitkan surat edaran mengenai pelaksanaan Shalat Jumat bergelombang berdasarkan nomor telepon selular di masa transisi menuju era kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi Covid-19.

Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI, Cholil Nafis, berpendapat jika hal tersebut merupakan alternatif dan masyarakat boleh memilih.

"Itu tidak hanya satu alternatif. Jadi ganjil genap nomor hp yah. Kalau dibaca secara utuh itu ada sebelumnya cuman di yang terakhir tidak dicover. Sehingga seperti yang disampaikan pak JK melalui hp itu adalah bagian dari alternatif meskipun praktiknya akan sulit," katanya.

Ia juga menyebut jika dalam satu gedung diperbolehkan untuk melakukan lebih dari satu Jumatan.

"Ketika masjid itu penuh, kita bisa shalat di luar masjid. Di tempat auditorium atau di tempat yang luas," ujarnya.

"Di masjid melaksanakan Jumatan, di auditorium Jumatan, di tempat luas tadi juga bisa Jumatan. Jadi satu gedung bisa satu atau dua Jumatan," tambahnya.

Terkait Shalat Jumat dua gelombang ini, MUI menyatakan jika hal ini sah.

"Shalat Jumat yang penting dilakukan waktu dzuhur itu sah. Yang penting jam 12.00, jam 13.00, jam 14.00, 14.30 yang penting jangan dilakukan waktu ashar. Nanti menjadi qada' dzuhurnya," ujarnya.

Lebih lengkap simak dialog bersama dengan Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI, Cholil Nafis, dalam program Kompas Siang, Kamis (18/06/2020).

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:51
WAPRES MA'RUF AMIN INGIN RENCANA PEMBANGUNAN KESEJAHTERAAN DI PAPUA TAK DIHUBUNGKAN DENGAN SITUASI KEAMANAN   MASUK WILAYAH ZONA MERAH. SEJUMLAH RUMAH SAKIT DI PEKALONGAN SUDAH TIDAK DAPAT MENAMPUNG PASIEN COVID-19   WALI KOTA DEPOK M IDRIS TINGKATKAN KEWAJIBAN WFH BAGI PERKANTORAN DI WILAYAHNYA MENJADI 75 PERSEN    SATGAS COVID-19 SARANKAN WARGA PAKAI MASKER MEDIS DILAPIS MASKER KAIN SAAT BERADA DI LUAR RUMAH   PEMKOT TANGSEL PERKETAT ATURAN PPKM MIKRO, WARGA DILARANG GELAR RESEPSI PERNIKAHAN DEMI CEGAH KERUMUNAN   WALI KOTA TANGSEL SEBUT JAM OPERASIONAL PUSAT PERBELANJAAN DAN KAFE MAUPUN TENDA DIBATASI HINGGA PUKUL 20.00 WIB   SEBANYAK 25 WARGA POSITIF COVID-19, SATU RT DI KELURAHAN PALMERAH, JAKBAR, TERAPKAN “MICRO LOCKDOWN”   KURANGI KERUMUNAN, POLISI AKAN MENYEKAT SEPANJANG JALAN DI SISI KANAL BANJIR TIMUR PUKUL 21.00 WIB HINGGA 04.00 WIB   JUMLAH MASYARAKAT YANG SUDAH DISUNTIK VAKSIN COVID-19 DOSIS PERTAMA YAKNI 23.265.773 ORANG   HINGGA 21 JUNI 2021, JUMLAH MASYARAKAT YANG SUDAH DIVAKSINASI DOSIS KEDUA MENCAPAI 12.320.386 ORANG   KPC-PEN: TINGKAT KETERISIAN TEMPAT TIDUR DI RUMAH SAKIT RUJUKAN COVID-19 DI 87 KABUPATEN/KOTA MELEBIHI 70 PERSEN   PEMERINTAH AKAN MEMPERKUAT PELAKSANAAN PPKM MIKRO SELAMA 14 HARI, YAKNI 22 JUNI-5 JULI 2021   PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO SEBUT PPKM SKALA MIKRO TERBUKTI EFEKTIF MENEKAN LAJU PENULARAN COVID-19   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 5.038: 4.226 SEMBUH, 209 MENINGGAL DUNIA, DAN 603 DALAM PERAWATAN