Kompas TV regional berita daerah

UNSYIAH SWAB GRATIS 1300 ORANG

Kompas.tv - 4 Juni 2020, 18:53 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

ACEH, KOMPAS. TV- Pemerintah kota Banda Aceh bersama Universitas Syiah Kula melakukan tes sweb kepada 1300 warga Banda Aceh baik dari kalangan ASN, Tenaga Kesehatan serta masyarakat umum. Swab massal yang akan dilakukan secara bertahap ini di mulai sejak hari ini, kamis (04/06/2020).

Baca Juga: Aceh kembali Nomal, Daftar Antrian Akad Nikah di Masjid Meningkat

Uji Sweb ini diprediksikan akan diselesaikan satu minggu mendatang. Bagi warga Kota Banda Aceh bisa mendapatkan sweb gratis ini bisa datang ke areal kantor DPRK Lama Kota Banda Aceh atau Pusat Kesehatan, baik puskesmas maupun rumah sakit Kota Banda Aceh.

Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof Samsul Rizal  menyebutkan bahwa pihaknya sudah menyediakan dua unit alat pcr untuk melakukan pengujian sampel hingga 384 spesimen setiap hari dari hasil test massal ini, dengan hasil pemeriksaan dapat diketahui selang 5 jam setelah sampel sweb di ambil.  Sehingga target 1300 sample dapat diselesaikan dalam waktu satu minggu kedepan.

Baca Juga: Kembali Dibuka, Pantai Lampuuk dan Lhoknga di Aceh Besar Ramai Dikunjungi Wisatawan

Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman berharap aktifitas pengambilan sweb ini mampu memutus mata rantai penyebaran virus corona di Banda Aceh. Upaya ini juga menjadi bagian dari memenuhi syarat pada fase new normal.

Menurut data dari dinas Kesehatan dan gugus tugas percepatan penanganan covid 19 Banda Aceh, sebelumnya telah melakukan uji swab kepada 100 orang warga dan melakukan rapid test kepada 2700 orang dengan hasil negatif. Sedangkan  hingga kini telah ada tiga kasus positif covid di Banda Aceh dengan status seluruhnya telah sembuh.

#aceh #swabmassal #unsyiah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x