Kompas TV regional berita daerah

Donor Darah Tetap Aman, di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.tv - 3 Juni 2020, 19:22 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV – Donor darah di tengah pandemi tetap aman jika dilakukan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) dan protokol kesehatan.

Seperti di Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung, bagi masyarakat yang berinisiatif mendonorkan darahnya ada beberapa langkah agar aman dan terbebas dari penularan Covid-19.

Pertama, untuk mencegah penularan korona pendonor di wajibkan mencuci tangan di tempat yang telah disediakan.

Petugas yang berdiri tepat di pintu masuk akan melakukan cek suhu tubuh menggunakan thermogun, untuk memastikan setiap pengunjung yang datang dan memiliki suhu tubuh diatas 37 derajat celcius tidak diperkenankan untuk melanjutkan proses donor darah.

Tahap selanjutnya, pengisian formulir data diri bagi pendonor yang berisi identitas dan riwayat keadaan tubuh. Barulah setelah itu pendonor dianjurkan untuk tes kesehatan berupa cek kondisi hemoglobin darah, fungsinya untuk mengetahui kondisi darah layak atau tidak untuk dilakukan pengambilan darah.

Jika memenuhi syarat, maka pendonor akan langsung melakukan proses pengambilan darah di ruangan praktek khusus yang telah disediakan. Untuk benar-benar memastikan bebas dari corona, pendonor harus kembali mencuci tangan dan barulah bisa memasuki ruangan.

Di dalam ruangan khusus ini pendonor akan langsung dilayani oleh petugas kesehatan yang berjaga. Petugas terlebih dahulu memeriksa tensi darah, lalu jika kondisi normal maka proses pengambilan darah bisa dilakukan.

Tak butuh waktu lama, jika proses telah selesai petugas akan sigap menyelesaikan proses pengambilan darah.

Baca Juga: KPU Lampung Siapkan Protap Kesehatan Jelang Pilkada 2020

Mulai saat ini masyarakat tak perlu lagi khawatir untuk datang ke PMI. Semua dilakukan dengan disiplin yang ketat dalam penerapan protap pencegahan covid-19, tujuannya agar memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

#DonorDarah #PMI #Covid19 #Lampung 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x