Kompas TV nasional sapa indonesia

Sorotan: Indonesia Bersiap Menuju New Normal?

Kompas.tv - 20 Mei 2020, 03:45 WIB
Penulis : Christandi Dimas

KOMPAS.TV - Pemerintah telah menatap untuk memasuki tahapan new normal.

Apa alasan pemerintah mematangkan kajian new normal di saat angka kasus corona terus naik? Tepatkah langkah pemerintah ini dilakukan dalam waktu dekat?

Kasus positif corona di Indonesia masih terus meningkat. Di tengah upaya memutus mata rantai penyebaran corona, pemerintah mempersiapkan skenario new normal.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut saat ini pemerintah masih mempersiapkan strategi maupun kriteria khusus.

Baca Juga: Vaksin Moderna Diklaim Berpotensi Besar Basmi Corona

Juru bicara pemerintah untuk penanganan corona Achmad Yurianto menjelaskan bahwa tatanan hidup yang baru, masyarakat harus lebih ketat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menerangkan new normal adalah kehidupan tatanan baru agar masyarakat tetap produktif di tengah keniscayaan risiko wabah corona dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Namun, Wakil Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia atau IDI berpendapat bahwa saat ini terlalu cepat untuk mengambil langkah new normal.

Untuk masuk new normal, pemerintah harus memiliki indikator dan kriteria berbasis data penanganan corona secara medis dan epidemiologis.

Baca Juga: New Normal Ala Luhut, Gak Ada Lagi Cipika Cipiki

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x