Kompas TV regional berita daerah

Pemudik Karantina Mandiri Diberi Label Khusus

Kompas.tv - 19 Mei 2020, 11:14 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV – Pemerintah Desa Di Kabupaten Lumajang Jawa Timur memberlakukan karantina mandiri dan pemberian label khusus bagi warganya yang nekat pulang kampung saat lebaran.

Adalah Pemerintah Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, yang memberlakukan kebijakan tersebut.

Kepala Desa Sidomulyo, Paiman mengatakan bahwa sejauh ini sudah ada 45 pemudik dari luar daerah, yang menjalani karantina mandiri di rumahnya. Mereka rata-rata pekerja dan pelajar, yang ingin lebaran di rumahnya.

Selain wajib karantina mandiri, Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Desa Sidomulyo juga memberi label khusus, agar warga lainnya mengetahui adanya pemudik dan dapat menghindari interaksi langsung.

Petugas juga rutin mengecek kondisi kesehatan warganya, yang menjalani karantina. Pengecekan kesehatan dilakukan bekerjasama dengan petugas medis dari Dinas Kesehatan setempat.

Pemudik tidak keberatan menjalani karatina mandiri dan adanya labelisasi tersebut, karena untuk kebaikan bersama, yakni mencegah penyebaran virus corona.

Seperti yang diutarakan oleh 2 ODR (Orang Dalam Resiko), yakni Ika Ratnawati dan Nur Sulis. Mereka mengaku merasa nyaman, meski harus diberi label khusus, karena warga tidak perlu khawatir lagi.

#PemudikDiberiTanda #KarantinaPemudik #Lumajang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x