Kompas TV nasional berita kompas tv

Terdakwa Suap Wahyu Setiawan Sebut Pihak KPU Patok 1 Miliar untuk Operasional PAW Harun Masiku

Kamis, 14 Mei 2020 | 20:13 WIB
terdakwa-suap-wahyu-setiawan-sebut-pihak-kpu-patok-1-miliar-untuk-operasional-paw-harun-masiku
Terdakwa suap eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan Saeful Bahri meninggalkan Gedung Merah Putih KPK seusai menjalani pemeriksaan, Selasa (11/2/2020). (Sumber: KOMPAS.com/ARDITO RAMADHAN D)


JAKARTA, KOMPASTV – Kemunculan dana operasional Rp1 miliar untuk meloloskan Harun Masiku sebagai anggota DPR dari PDI Perjuangan (PDIP) melalui Pergantian Antar Waktu (PAW) merupakan permintaan dari pihak KPU.

Hal itu dinyatakan Saeful Bahri, terdakwa kasus suap eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan saat membacakan pledoi dalam sidang lanjutan kasus suap PAW anggota DPR dari PDIP melalui telekonferensi, Kamis (14/5/2020).

Awalnya Saeful mengakui bahwa dirinya menyediakan dana operasional sebesar Rp750 juta dengan komposisi masing-masing Komisioner Rp100 juta dan sisanya Rp50 juta untuk tersangka Agustiani Tio Fridelina.

Baca Juga: Terdakwa Suap Yakin Uang 1,5 M untuk Wahyu Setiawan Diberikan ke Seluruh Komisioner KPU

Hal ini dilakukan karena Tio menangkap sinyal permintaan dana operasional dari Wahyu, namun tidak menyebutkan nominal. 

Sinyal permintaan dana operasional itu jugalah yang membuatnya terjebak dalam kasus suap. Di satu sisi, partainya melarang ada dana operasional, namun pihak KPU mengindikasikan ada kebutuhan dana operasional.

Saeful menjelaskan terjadinya tindakan suap itu karena dirinya berada pada situasi yang tidak berdaya. 

Penulis : Johannes Mangihot

1
2
3



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:39
KEPALA BNPT SEBUT SATGAS TINOMBALA PERLUAS LOKASI PENGEJARAN KELOMPOK TERORIS MUJAHIDIN INDONESIA TIMUR   PASCA-INSIDEN DI SIGI, SULTENG, KONTRAS MINTA PEMERINTAH AUDIT DAN EVALUASI TERBUKA SATGAS TINOMBALA   GUBERNUR RIAU SYAMSUAR DAN ISTRINYA, MISNARNI, TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   KEMENKES SEBUT SEKITAR 1.600 SUKARELAWAN UJI KLINIS CALON VAKSIN COVID-19 DI BIO FARMA BAIK-BAIK SAJA   ANGGOTA KOMISI III ARSUL SANI BERHARAP CALON KAPOLRI MAMPU MENEGAKKAN HUKUM BERBASIS KEADILAN RESTORATIF   MENKO KEMARITIMAN DAN INVESTASI LUHUT BINSAR PANDJAITAN TARGETKAN UU CIPTA KERJA BERLAKU FEBRUARI 2021   POLRESTA BOGOR, JABAR, SEBUT HINGGA SAAT INI SUDAH 13 SAKSI DIPERIKSA UNTUK KASUS KONTROVERSI TES USAP RIZIEQ SHIHAB   POLRESTA BOGOR, JAWA BARAT, PERIKSA 6 SAKSI KASUS KONTROVERSI TES USAP RIZIEQ SHIHAB DI RS UMMI   POLDA METRO JAYA AKAN PANGGIL KEMBALI RIZIEQ SHIHAB DAN MENANTUNYA PADA KAMIS, 3 DESEMBER, JIKA TIDAK HADIR HARI INI   POLDA METRO JAYA JADWALKAN PEMERIKSAAN RIZIEQ SHIHAB DAN MENANTUNYA M HANIF ALATAS HARI INI   DINKES BANYUMAS, JAWA TENGAH, TAMBAH 400 TEMPAT TIDUR UNTUK RUANG ISOLASI AKIBAT KAPASITAS RUMAH SAKIT PENUH   SATGAS PENANGANAN COVID-19 MENCATAT 4.361 PASIEN SEMBUH DARI VIRUS KORONA   HINGGA 1 DESEMBER 2020, KASUS POSITIF COVID-19 DI INDONESIA MENCAPAI 543.975   SATGAS PENANGANAN COVID-19 MENCATAT ADA 5.092 KASUS BARU COVID-19 HARI INI