Kompas TV kuliner cerita rasa

Yuk Kita Cobain Kuliner Khas Pidie Aceh ini

Kompas.tv - 4 Juni 2020, 11:02 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPAS.TV – Benone akan memulai perjalanan di Provinsi paling barat Indonesia Aceh. Pada kesempatan ini saya tak sendiri. Dewi Isra Putri pariwisata Aceh tahun 2017 ini akan menemani saya, kami akan mencicipi jajanan khas Aceh yang banyak diburu saat Ramadan.

Ade Kembang Tanjung merupakan salah satu panganan terkenal di daerah pesisir Kabupaten Pidie. Diberi nama Ade Kembang Tanjung karena kue ini merupakan hasil racikan tangan para perempuan dari kecamatan Kembang Tanjung.

Teksturnya kenyal rasanya manis legit dengan aroma bawang merah dan jintan yang lumayan kuat. Ade Kembang Tanjung ini menjadi salah satu kue yang paling diburu selama bulan puasa dan saat lebaran.

Adee ini terbuat dari tepung beras putih, telur, dan gula pasir. Berbentuk pipih, berwarna kuning. Ada yang digulung dan ada pula dijual tanpa digulung, melebar seperti halnya kue talam.

Saat bulan Ramadhan dalam sehari mereka bisa membuat 1000 kue Adee Kembang Tanjung. Kue ini bisa memberikan berkah tersendiri bagi warga Kembang Tanjung. Selain ada Kembang Tanjung Mas banyak jajanan khas Aceh lainnya yang juga diburu saat Ramadhan. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x