Kompas TV entertainment musik

Fakta Gitar Tanpa Kepala Rhoma Irama

Kompas.tv - 23 April 2020, 17:46 WIB
fakta-gitar-tanpa-kepala-rhoma-irama
Raja Dangdut Rhoma Irama saat konser tahun baru 2020 di Bundaran Hotel Indonesia (Sumber: dok. Rhoma Irama/rhomairama.info)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV - Gitar menjadi alat musik yang melekat di tangan Raja Dangdut Rhoma Irama. Bahkan gitar tanpa kepala atau headless sudah menjadi ciri khas Rhoma.

Rhoma kepincut gitar bermerek Steinberger saat dirinya menjalani suting film di Hongkong  pada 1980. Ia melihat gitar Steinberger di sebuah etalase toko musik Tom Lee Music Shop. 

Suami Ricca Rachim ini pun tertarik dan membelinya, namun penjual tidak melepas lantaran gitar tanpa kepala itu hanya prototipe dan tidak dijual. Meski demikian, hal itu tak membuat Rhoma patah arang. Tiga hari berturut-turut Rhoma mengunjuni toko. Alasannya sama untuk membeli gitar tanpa kepala itu.

Baca Juga: 10 Film Rhoma Irama yang Legendaris

Di hari ketiga Rhoma, akhirnya mendapatkan gitar Steinberger. Ia membelinya seharga Rp20 juta. Si penjual memberikan gitar Steinberger itu lantaran melihat foto roma di majalah Asiaweek edisi XVI. Artikel majalah itu menulis tentang Rhoma Irama yang dinobatkan majalah Asiaweek sebagai ‘Southeast Asia Superstar’.

Namun Rhoma tidak patah arang, selama tiga hari berturut-turut ia kembali mendatangi toko itu. Dan di hari ketiga, saat si penjual sedang membaca majalah Asiaweek dia langsung terkejut melihat ada Rhoma Irama yang dinobatkan sebagai ‘Southeast Asia Superstar’ oleh majalah tersebut.

Rhoma dalam wawancara dengan majalah Tempo menjelaskan sudah jatuh hati dengan gitar headless Steinberger. Gitar tersebut merupakan gitar terakhirnya seteleh Fender dan merek lain.

Alasannya, Steinberger memiliki leher kecil dan pas di gengaman Rhoma dan punya 24 fret. Kini Steinberger berwarna hitam dan warna putih selalu menemani Rhoma. 

Baca Juga: Jalan Panjang Karier Rhoma Irama Hingga Dijuluki Raja Dangdut

Koleksi Gitar Headless Rhoma

Dua gitar Steinberger yang menemani Rhoma Irama di panggung. (Sumber: Dok. Rhoma Irama/rhomairama.info)

Steinberger GM-1T adalah gitar pertama Rhoma. Ia juga memiliki Steinberger GM-2S yang dinamakan Aswad. Gitar ini pernah di pakai menjadi Rythm di klip Judi dan Haram.

Steinberger GU-7 Deluxe. Gitar ini gitar yang dipakai pada tahun 2000-an. Steinberger ini buatan Korea "Music Yo" Steinberger ini merupakan gitar Steinberger keempat Rhoma Irama. Namun gitar ini sudah tidak dipakai. 

Baca Juga: Prihatin Wabah Covid-19, Rhoma Irama Lantunkan "Virus Corona"

Dalam setiap konsernya, Rhoma kini menggunakan Steinberger GM-2S. Ada yang hitam Steinberger GM-1T dan yang putih Steinberger GM-2S. Gitar Steinberger memiliki tremolo dengan locking system yang bisa mengubah oktav gitar ke oktav yang lebih tinggi ataupun ke oktav yang lebih rendah.  

Sabtu, 25 April 2020, Rhoma Irama juga akan gelar Musik Amal dari Rumah bertajuk Perjuangan dan Doa Melawan Korona di KompasTV pukul 20.00 WIB. Mengajak masyarakat untuk berdonasi serta menyambut Ramadan dengan suka cita.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x