Kompas TV entertainment musik

Fakta Gitar Tanpa Kepala Rhoma Irama

Kamis, 23 April 2020 | 17:46 WIB
fakta-gitar-tanpa-kepala-rhoma-irama
Raja Dangdut Rhoma Irama saat konser tahun baru 2020 di Bundaran Hotel Indonesia (Sumber: dok. Rhoma Irama/rhomairama.info)

JAKARTA, KOMPASTV - Gitar menjadi alat musik yang melekat di tangan Raja Dangdut Rhoma Irama. Bahkan gitar tanpa kepala atau headless sudah menjadi ciri khas Rhoma.

Rhoma kepincut gitar bermerek Steinberger saat dirinya menjalani suting film di Hongkong  pada 1980. Ia melihat gitar Steinberger di sebuah etalase toko musik Tom Lee Music Shop. 

Suami Ricca Rachim ini pun tertarik dan membelinya, namun penjual tidak melepas lantaran gitar tanpa kepala itu hanya prototipe dan tidak dijual. Meski demikian, hal itu tak membuat Rhoma patah arang. Tiga hari berturut-turut Rhoma mengunjuni toko. Alasannya sama untuk membeli gitar tanpa kepala itu.

Baca Juga: 10 Film Rhoma Irama yang Legendaris

Di hari ketiga Rhoma, akhirnya mendapatkan gitar Steinberger. Ia membelinya seharga Rp20 juta. Si penjual memberikan gitar Steinberger itu lantaran melihat foto roma di majalah Asiaweek edisi XVI. Artikel majalah itu menulis tentang Rhoma Irama yang dinobatkan majalah Asiaweek sebagai ‘Southeast Asia Superstar’.

Namun Rhoma tidak patah arang, selama tiga hari berturut-turut ia kembali mendatangi toko itu. Dan di hari ketiga, saat si penjual sedang membaca majalah Asiaweek dia langsung terkejut melihat ada Rhoma Irama yang dinobatkan sebagai ‘Southeast Asia Superstar’ oleh majalah tersebut.

Rhoma dalam wawancara dengan majalah Tempo menjelaskan sudah jatuh hati dengan gitar headless Steinberger. Gitar tersebut merupakan gitar terakhirnya seteleh Fender dan merek lain.

Editor : Johannes Mangihot

1
2



BERITA LAINNYA


PILKADA SERENTAK

Saran Pilkada Ditunda Cambuk Bagi KPU

Minggu, 20 September 2020 | 12:00 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
12:31
WEBINAR NARASI BRAND BERSAMA TARRENCE PALAR DAN HANDOKO HENDROYONO. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID!   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL   DITPOLAIRUD POLDA PAPUA TERJUNKAN PERSONEL UNTUK JADI TENAGA PENGAJAR BAGI ANAK-ANAK SEKOLAH DI PULAU KOSONG   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MINTA PEMERINTAH SEGERA TETAPKAN STANDAR HARGA TES PCR DI BERBAGAI RUMAH SAKIT   KEMENDAG AMERIKA SERIKAT TUNDA LARANGAN PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK HINGGA 27 SEPTEMBER 2020   PEMKOT PEKANBARU, RIAU, TAMBAH 200 TENAGA KESEHATAN DALAM UPAYA PENANGGULANGAN COVID-19   KANTOR WALI KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT DITUTUP TIGA HARI KE DEPAN SETELAH LIMA PEGAWAI POSITIF COVID-19   KEMLU SEBUT KASUS BARU WNI DI LUAR NEGERI YANG TERKONFIRMASI COVID-19 BERASAL DARI KUWAIT   KEMLU MENCATAT KASUS WNI TERKONFIRMASI COVID-19 DI LUAR NEGERI BERTAMBAH MENJADI 1.422 KASUS   MENKO PMK MINTA PEMDA MEMILIKI INISIATIF JIKA FASILITAS UNTUK PENANGANAN COVID-19 DARI PUSAT BELUM TURUN   MANTAN PM KANADA JOHN TURNER TUTUP USIA   KUASA HUKUM JOHN KEI SEBUT PENAHANAN KLIENNYA DIPERPANJANG HINGGA 19 OKTOBER 2020   KEMENKES IRAN MENCATAT ANGKA KEMATIAN AKIBAT COVID-19 MENCAPAI 24.000 KASUS   POLRES BOGOR, JAWA BARAT: WISATAWAN KE PUNCAK TURUN 80 PERSEN, PENGARUH PSBB JAKARTA