Kompas TV religi beranda islami

Masjid Al Aqsa Di Tengah Pusaran Konflik Israel Palestina

Jumat, 17 April 2020 | 08:31 WIB

Fakta-fakta tentang Masjid Al Aqsa:

1. Masjid Al-Aqsha merupakan satu dari tiga masjid yang diutamakan Baginda Rasulullah SAW. Bahkan, dalam sebuah hadits dikatakan,

“Janganlah kalian menempuh perjalanan jauh kecuali menuju ke tiga masjid: masjidku ini (Masjid Nabawi), masjid Al Haram, dan masjid Al Aqsha” (HR. Bukhari no. 1115 dan Muslim no. 1397).

Inilah alasan mengapa umat Muslim yang beribadah di sana dijanjikan mendapat pahala yang berlipat.

2. Saksi Bisu Peristiwa Besar Bagi Umat Muslim

Masjid Al-Aqsha merupakan saksi bisu sebuah peristiwa besar bagi semua umat Muslim di dunia yaitu Isra Miraj. Pada dua perjalanan berbeda yang dilakukan selama semalam ini Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk jalankan salat lima waktu dalam sehari.

3. Kiblat Pertama Umat Islam

Sebelum ka’bah, kiblat pertama umat Muslim ternyata menghadap ke Masjid Al-Aqsha. Tak cuma karena Isra Mi’raj. Hal ini juga dimaksudkan agar umat Islam dapat beribadah dengan menghadap tempat yang suci dan bebas dari berbagai sesembahan.

Sebab, saat perintah salat pertama diturunkan, kondisi ka’bah memang masih dipenuhi dengan ratusan berhala. Perintah untuk mengubah arah kiblat ke Masjidil Haram akhirnya terjadi 16-17 bulan setelah Baginda Rasulullah hijrah ke Madinah.

4. Tempat Lahirnya Ihya Ulumuddin 

Ihya Ulumuddin merupakan kitab yang membahas tasawuf dan fiqih secara lengkap. Kitab ini bahkan banyak dipakai oleh umat Islam untuk menghidupkan sunnah-sunnah Rasul. Ihya Ulummuddin merupakan karya besar seorang Imam Al-Ghazali yang dibuat di Masjid Al-Aqsha.

5. Kompleks Masjid yang Luas

Banyak yang mengira kalau Masjid Al-Aqsha adalah masjid berkubah emas atau Dome of Rock. Padahal Masjid Al-Aqsha merupakan sebuah kompleks yang cukup luas karena ada beberapa masjid lain yang ada di sana. Selain Dome of Rock ada pula Masjid Qibly, Masjid Buraq, dan Masjid Marwani. Posisi Masjid Al-Aqsha yang diperjuangkan oleh umat Muslim Palestina adalah yang lokasinya yang berada dekat dengan tembok ratapan.

Editor : Herwanto



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:40
MENKOMINFO MINTA PEMBLOKIRAN BERITA BOHONG DI RUANG DIGITAL JANGAN DIARTIKAN ANTIDEMOKRASI   PEMKOT SOLO TETAPKAN UPAH MINIMUM KOTA TAHUN 2021 SEBESAR RP 2.013.810 ATAU NAIK 2,94 PERSEN    KEMENPAN RB: SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA BISA DIIKUTI GURU HONORER BERUSIA 20-59 TAHUN    KEMENPAN RB MENCATAT 174.077 FORMASI GURU DIUSULKAN PEMDA JADI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA   KETUA SUKARELAWAN SATGAS PENANGANAN COVID-19 MINTA TOKOH MASYARAKAT JADI PANUTAN TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   KEPALA BPOM PENNY LUKITO MENYATAKAN ASPEK KEAMANAN DARI UJI KLINIS VAKSIN SINOVAC BERJALAN BAIK   GUBERNUR ANIES BASWEDAN AKAN KAJI KEBIJAKAN BELAJAR-MENGAJAR TATAP MUKA PADA DESEMBER   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA: TOLAK TES USAP COVID-19 TERANCAM DENDA HINGGA RP 7 JUTA   SIDANG PERDANA UJI MATERI UU CIPTA KERJA YANG DIAJUKAN KSPI DAN KSPSI DIGELAR SELASA, 24 NOVEMBER 2020   GUBERNUR RIDWAN KAMIL BERI TEGURAN BUPATI BOGOR ADE YASIN SOAL KERUMUNAN DI ACARA RIZIEQ SHIHAB   PASIEN COVID-19 MENINGKAT, DIRUT RSUD TARAKAN MENGATAKAN RUANG ISOLASI KELEBIHAN KAPASITAS   DIRUT RSUD TARAKAN, KALTARA, M HASBI HASYIM SEBUT DARI 325 TENAGA KESEHATAN, 88 TERKONFIRMASI POSITIF KORONA   DISPAREKRAF DKI JAKARTA MENCATAT 1.557 PERUSAHAAN TELAH MENDAFTAR UNTUK MENDAPAT DANA HIBAH PARIWISATA   TIDAK PUNYA ANGGARAN, 120 KELURAHAN DI GUNUNG KIDUL STOP SALURKAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA