Kompas TV nasional berita kompas tv

Tiba di Indonesia, 136 TKI dari Malaysia Jalani Observasi

Kompas.tv - 10 April 2020, 08:15 WIB

KOMPAS.TV - Sebanyak 136 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) tiba dari Malaysia di Lapangan Udara Soewondo, eks Bandara Polonia Medan hari kamis petang (10/4/2020). 

Para TKI langsung menjalani proses obeservasi dalam beberapa hari sebelum dijemput oleh pemerintah daerah masing-masing.

136 TKI yang tiba di Lanud Soewondo Medan, langsung diperiksa kesehatannya termasuk dicek suhu tubuh dan disemprot disinfektan.

Selama menjalani proses karantina, para TKI dijaga ketat oleh personel TNI Angkatan Udara.

Sebelumnya, TKI dari Malaysia langsung diperiksa kesehatan dan wawancara di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara.

15 TKI yang mengaku ada keluhan dan langsung menjalani rapid tes Covid-19 di mana hasilnya dinyatakan negatif.

Jika didapati suhu tubuh yang di atas normal, maka TKI akan mendapat perlakukan khusus.

Pihak Kantor Kesehatan pelabuhan Kelas I Medan, mengatakan secara keseluruhan untuk gelombang pertama kedatangan TKI ini, para pekerja dalam kondisi yang sehat dan negatif dari Covid-19.

Meski tidak ditemukan TKI yang positif virus corona ataupun TKI dengan keluhan kesehatan yang mengarah kepada gejala Covid-19, para TKI ini harus diobservasi sementara sebelum bisa kembali pulang ke daerahnya masing-masing.

Tempat observasi terletak di Taman Cadika Pramuka Lubuk Pakam, Deliserdang.

Di sana para TKI akan kembali dievaluasi dan dipantau kesehatannya.

Pihak Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sumatera utara menyatakan, jika nantinya ada yang dicurigai memiliki gejala Covid-19 akan langsung dilakukan rapid test dan langsung ditindaklanjuti secara medis.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x