Kompas TV regional berita daerah

Perajin Batik Beralih Produksi Masker Kain

Kamis, 9 April 2020 | 18:42 WIB

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Perajin batik di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur mensiasati masa sulit di saat pandemi Covid-19 dengan cara membuat masker dari kain batik.

Kini usaha kain batik kembali bergeliat seiring dengan adanya kebijakan pemerintah tentang kewajiban memakai masker.

Siasat tersebut salah satunya dilakukan oleh para perajin batik ronggo mukti di Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Para perajin memproduksi masker batik mulai dari proses pemotongan kain, penjahitan hingga packing.

Sebelumnya usaha batik milik Muhammad Mahrus ini sempat kolaps karena sepinya pembeli di tengah pandemik covid-19. Perajin memberhentikan produksi, karena omset anjlok sehingga tidak mampu menutupi biaya produksi.

Namun, sekitar tiga pekan lalu, produksi batik kembali dilanjutkan dengan cara berbeda, yakni mengalihkan produk fashion ke masker.

Perajin batik ronggo mukti, Muhammad Mahrus menyatakan usaha batik ronggo mukti mampu memproduksi 10 ribu masker batik dalam sepekan.

Satu helai masker dijual dengan 7 sampai 10 ribu rupiah. Masker batik memiliki kelebihan, yakni berkantong sehingga bisa diisi tisu didalamnya.

Pemesan masker batik tidak hanya dari warga Probolinggo, namun juga luar daerah, seperti Pasuruan, Situbondo dan Lumajang.

Baca Juga: Penjahit Banjir Pesanan Baju Alat Pelindung Diri

Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo, Yulius Christian menyatakan bangkitnya UMKM batik tidak lepas dari peran Pemerintah Kabupaten Probolinggo, yang meminta UMKM untuk memproduksi makser dalam jumlah besar.

Pemkab Probolinggo menggalakkan program satu juta masker kain guna menyiasati kelangkaan masker.

Sinergi antara pelaku UMKM dan pemerintah layak dicontoh oleh daerah lain di tengah pandemi Covid-19.

#PerajinBatik #MaskerKain #Probolinggo

Editor : KompasTV Jember



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:15
PANDEMI KORONA, PEMKAB PROBOLINGGO WAJIBKAN PABRIK SEDIAKAN RUMAH SEHAT   LPSK SIAP LINDUNGI SAKSI DALAM KASUS KEBAKARAN GEDUNG KEJAGUNG    KPU SIDOARJO SIAPKAN BILIK KHUSUS PEMILIH BERSUHU TUBUH DI ATAS 37,3 DERAJAT CELSIUS DI TPS    PEMPROV NUSA TENGGARA BARAT TARGETKAN PRODUKSI 1.000 UNIT SEPEDA LISTRIK   KEMENTERIAN SOSIAL BERIKAN 8.000 PAKET SEMBAKO UNTUK WARGA SEMARANG   PEMPROV RIAU SEDIAKAN FASILITAS ISOLASI UNTUK 1.521 PASIEN COVID-19 DENGAN GEJALA RINGAN DAN TANPA GEJALA   KEMENTERIAN PUPR: PENYERAPAN PROGRAM BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN SWADAYA CAPAI 84,3 PERSEN   KETUA MPR MINTA KPU BERSINERGI DENGAN DUKCAPIL MEMVERIFIKASI DAN MEMUTAKHIRKAN DATA PEMILIH PADA PILKADA 2020   LPSK HARAP PEMERINTAH BENAHI PROSES PERIZINAN DALAM PEREKRUTAN & PENEMPATAN ANAK BUAH KAPAL (ABK)   TINGKATKAN PENDAPATAN PETANI, PEMKAB MALANG, JATIM, DORONG INOVASI DI SEKTOR PERTANIAN    KEMENTERIAN PERDAGANGAN AKAN TERUS GENCARKAN PROMOSI PRODUK BERBASIS GEOGRAFIS   PILKADA 2020, KETUA DPR MINTA KPU DAN BAWASLU SOSIALISASIKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 SECARA RINCI DAN MASIF   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL   BACA ANALISIS ISU TERKINI + RIBUAN E-BOOK DIGITAL PILIHAN. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL