Kompas TV nasional berita kompas tv

Bahas Covid 19, Menlu Retno Telekonferensi Bersama Menteri dari 11 Negara

Kompas.tv - 8 April 2020, 14:46 WIB
bahas-covid-19-menlu-retno-telekonferensi-bersama-menteri-dari-11-negara
Menlu Retno Marsudi Telekonferensi Bersama Menteri dari 11 Negara (Sumber: Kementerian Luar Negeri)
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPASTV – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi tekankan pentingnya kemitraan dan sinergi dalam telekonferensi Covid-19 International Coordination Group.

Forum ICG diinisiasi oleh Menlu Kanada, yang bertujuan sebagai forum koordinasi rutin bagi Menlu berbagai negara.

Tujuan utama adalah menjamin kelancaran penanganan Covid-19.

Baca Juga: KABAR BAIK! Wuhan Resmi Akhiri Masa Lockdown Dengan Light Show

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, berpartisipasi dalam Telekonferensi Covid-19 International Coordination Group (ICG) bersama menteri-menteri dari Turki, Afrika Setatan, Singapura, Moroko, Perancis, Kanada, Australia, Jerman, Brazil, Peru, dan lnggris pada Selasa 7 April 2020.

Dalam kesempatan tersebut, Menlu RI menekankan pentingnya kemitraan dan sinergi untuk menjamin amannya lalu lintas manusia antar-negara, serta terjaminnya rantai pasokan, khususnya obat dan alkes, di tengah ketatnya kebiakan lalu lintas barang dan orang di tingkat global.

Lebih lanjut Retno juga menekankan perlu disepakati protokol bersama atau prosedur mengenai proses kepulangan penduduk ke negara asalnya.

Hal ini wajib dijalankan dengan mematuhi berbagai prosedur kesehatan.

Hal tersebut sangat penting guna memutus rantai penularan dan mencegah kasus impor (Covid- 19 imported cases).

Isu yang mendesak saat ini adalah keamanan proses evakuasi atau lalu lintas orang antar negara dan kelancaran rantai pasok barang kebutuhan medis.

Baca Juga: Menlu Retno: Kunjungan & Transit WNA Ke Indonesia Dihentikan Sementara

Menlu RI gunakan kesempatan tersebut untuk sampaikan pengalaman inovatif Indonesia dalam memenuhi kekurangan pasokan medis di tingkat nasional, yaitu dengan melakukan kerjasama dengan skema joint productions, sebagaimana yang dilakukan Indonesia saat ini dengan Republik Korea.

“kerja sama produksi antara produsen dan pemilik bahan baku perlu terus ditingkatkan untuk menjamin ketersediaan alat pelindung diri", demikian diusulkan Menlu RI.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x