Kompas TV regional berita daerah

Umat Muslim Jaga Rumah Umat Hindu Saat Perayaan Nyepi

Kompas.tv - 26 Maret 2020, 15:35 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOPMAS.TV - Agar tetap menjaga kerukunan antar umat beragama, umat muslim yang tinggal di Desa Labuhan Dalam, Kecamatan Tanjung Senang, Bandar Lampung ini melakukan penjagaan pada setiap rumah umat hindu yang sedang melakukan perayaan nyepi.

Terlihat umat muslim yang berjaga disekitaran rumah, pura, hinga jalan-jalan sekitaran desa. Sudah bertahun-tahun tradisi toleransi antar umat beragama ini dilakukan, bahkan ketika dalam perayaan agama lain pun umat hindu juga ikut terlibat dalam setiap proses perayaan.

Mereka tergabung dalam Bankomsos atau bantuan komunikasi sosial yang didalamnya tergabung setiap anggota dari semua kalangan agama, salah satu tugasnya adalah menjaga kerukunan antar umat beragama.

Septia Wanto, Ketua Bantuan Komunikasi Sosial atau Bankomsos menyampaikan selama hari raya nyepi ini Bankomsos akan menjaga ratusan rumah umat hindu selama 24 jam, ini dilakukan agar memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat hindu yang sedang merayakan nyepi.

Menyikapi kondisi Covid-19 atau wabah virus corona, Bankomsos juga melakukan sosial distancing saat melakukan penjagaan, ini juga tentunya untuk mencegah penyebaran virus corona.

Baca Juga: Lawan Corona, Warga Binaan Semprot Lapas Dengan Disinfektan

Sementara kepala lingkungan 1 Labuhan Dalam, Bandar Lampung juga menyampaikan terbantu dengan adanya aksi solidaritas umat beragama ini, karena selain bisa memberikan rasa aman bagi umat hindu yang sedang menjalankan perayaan nyepi, ini juga sebagai memperkuat jalinan silaturahmi antar umat beragama.

 

#nyepi #toleransiumat #bandarlampung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x