Kompas TV travel jelajah indonesia

KEUNIKAN BUDAYA DI PANTAI ADAT PULAU KEPA

Kompas.tv - 20 Maret 2020, 15:01 WIB
Penulis : Anas Surya

NTT, KOMPASTV - Pulau ini terdapat sebuah pantai yang disebut dengan Pantai Adat. Disebut pantai adat karena disinilah tempat masyarakat berkumpul untuk menyelesaikan segala permasalahan yang diselesaikan secara adat. Di pantai ini terdapat misbah dan pohon beringin yang sudah berabad-abad lamanya. Tempat inilah yang dipercaya sebagai tempat bertemunya penjaga laut yang disebut Bui Hari Panatu dan penjaga darat yang disebut Muji Muji Mo.

Baca Juga: BUAH UNIK DARI ALOR

"Pantai adat Hari Wathan dalam sejarah orang tua dulu, sudah buktikan mereka jamin keselamatan Alor. Disini sering dipakai untuk tempat berdoa, berkumpul dan diskusi menyikapi masalah dan mencari penyelesaian." kata Bapa Sere, Kepala Adat Kepa.

Baca Juga: PESONA NUSA LEMBONGAN

"Di Pulau Kepa ini terdapat dua suku Suku Malolo dan Suku Bao Raja. Karena kita adat istiadat Alor ini kalau orang ambil kita punya anak perempuan mereka kembali ke punya suami tidak ada punya tempat rumah mereka harus kembali ke ibu bapak, berarti kita berikan mereka tempat rumah mereka buat rumah dan hidup rumah tangga begitu" kata Bapa Sere, Kepala Adat Kepa.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x