Kompas TV video cerita indonesia

Viral Video Puluhan TKA China Tiba di Bandara Kendari, Ini Penjelasan Kapolda

Kompas.tv - 16 Maret 2020, 22:41 WIB
Penulis : Desy Hartini

KENDARI, KOMPAS.TV - Inilah video yang merekam kedatangan puluhan warga negara asing (WNA) asal China di Bandara Haluoleo, Kendari, Minggu (15/3/2020) malam.

Video ini viral dan menyebar di media sosial. Video berdurasi 58 detik itu memperlihatkan sebanyak 40 WNA yang merupakan tenaga kerja asing asal China, lengkap dengan koper dan menggunakan masker keluar dari ruangan kedatangan Bandara Haluoleo.

Dilansir dari Kompas.com, Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra) Brigjen Pol Merdisyam membenarkan video tersebut. Ia mengatakan, tenaga kerja asing (TKA) asal China itu datang dari Jakarta usai mengurus perpanjangan visa dan izin kerja. Selanjutnya, mereka akan kembali bekerja di perusahaan smelter yang ada di Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: [TOP3NEWS] Jokowi: Tak Ada Lockdown | Siswa Hingga PNS Beraktivitas di Rumah | Antrian MRT Mengular

“Mereka baru datang dari Jakarta, bukan dari China. Memang selama ini belum pernah pulang ke China. Mereka akan ke Morosi untuk bekerja kembali,” ungkap Kapolda saat dikonfirmasi di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sultra, Minggu (15/3/2020) malam.

Ia menjelaskan, 40 TKA tersebut telah dilengkapi dengan surat dari karantina kesehatan pelabuhan (KKP) dan perizinan dari Imigrasi sebelum tiba di Kendari.

Akibat video itu, lanjut Merdisyam, telah terjadi keresahan di tengah masyarakat dan menjadi viral setelah ada yang mengunggah di media sosial.

Baca Juga: Jokowi Koreksi Anies Baswedan Soal Layanan Transportasi Umum

Masih dikutip dari Kompas.com, Merdisyam juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak menyebar informasi yang membuat keresahan karena dapat dijerat pidana Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Ini peringatan keras bagi masyarakat, jangan sengaja meng-upload berita yang meresahkan masyarakat. Saya sampaikan sekali lagi bukan dari China, dan telah mengantongi surat dari karantina kesehatan pelabuhan,” tegas Kapolda Sultra.

#China #Corona #TKAChina



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x