Kompas TV nasional indonesia update

Tanaman Herbal dan Rempah Diklaim Tingkatkan Imunitas Tubuh

Kompas.tv - 13 Maret 2020, 18:31 WIB
Penulis : Merlion Gusti

SURABAYA, KOMPAS.TV - Rajin mengonsumsi herbal dengan dosis yang tepat dipercaya dapat meningkatkan imun serta menangkal dari beragam virus. 

Di Surabaya, Jawa Timur, warga secara swadaya telah membudidayakan tanaman herbal dan rempah-rempah, bernama kampung herbal.

Warga kelurahan nginden jangkungan, Surabaya, Jawa Timur. 

Memiliki cara tersendiri untuk menangkal virus corona. 

Warga membudidayakan tanaman herbal serta rempah-rempah yang kini dikenal dengan empon-empon.

Sejak tahun 2015, tanah aset pemerintah kota surabaya yang dahulu merupakan rawa, dimanfaatkan warga untuk membudidayakan ratusan jenis tanaman herbal dan rempah-rempah.

Hingga saat ini ada 200 jenis tanaman herbal dan rempah seperti jahe, kunyit, temulawak, sereh hingga sambiloto, yang berada dalam taman ini.

Tidak hanya budidaya tanaman herbal, sistem irigasi atau pengairan tanaman juga dikelola secara unik yakni dengan memanfaatkan air selokan yang disuling menggunakan instalasi pengolahan air limbah.

Nilai ekonomis pun muncul dari kampung herbal yang merupakan swadaya masyarakat ini.

Di saat virus corona tengah mewabah, kampung herbal ini semakin banyak dikunjungi warga. 

Sebagain besar dari mereka mencari rempah-rempah untuk dikonsumsi.

Rempah-rempah diklaim mampu meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh saat berhadapan dengan berbagai virus, termasuk corona.

Tidak hanya berdampak positif bagi lingkungan, budidaya tanaman herbal diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyrakat yang saat ini semakin tinggi.

Tanaman herbal serta rempah-rempah, diklaim mampun menjaga daya tahan tubuh sehingga menjadi salah satu tindakan yang dapat dilakukan dalam menangkal virus corona.
 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x