Kompas TV video cerita indonesia

Kronologi WNI Positif Corona dari Kasus Pertama Hingga ke-6

Kompas.tv - 9 Maret 2020, 14:15 WIB
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hingga Minggu (8/3/2020) malam, diketahui ada enam pasien yang positif virus corona dan 21 orang masuk dalam kategori suspect.

Bagaimana kronologi munculnya kasus pertama hingga kasus keenam?

Pada 14 Februari 2020, WNI berusia 31 tahun diduga terjangkit virus corona saat berada di sebuah restoran di Jakarta.

Baca Juga: Melawan Corona: 25 Penimbun Masker Ditangkap Hingga WNI Positif Corona 4 Orang

Ia tertular dari warga Jepang yang saat itu tengah berada di tempat yang sama. WNI dan warga negara Jepang yang tinggal di Malaysia itu diketahui melakukan kontak cukup dekat.

Kemudian, pasien 1 melakukan kontak dengan pasien 2 yang merupakan ibunya sendiri. Sang ibu tertular virus corona saat sedang merawat anaknya yang sakit.

Setelah penemuan Kasus 1 dan Kasus 2, pemerintah terus melakukan tracing dengan menelusuri aktivitas mereka.

Penelusuran dilakukan dengan metode klaster, yaitu mencari orang-orang yang berada di lokasi yang sama, yaitu di restoran itu pada 14 Februari 2020.

Baca Juga: Fahira Idris Dipolisikan Terkait Hoaks Virus Corona

Kasus 3 dan Kasus 4 itu diketahui berada di lokasi yang sama dengan Kasus 1 dan ada kemungkinan tertular Covid-19 di saat yang sama.

Hal yang perlu dicatat adalah belum diketahui apakah penularan itu langsung dari warga Jepang atau dari pasien dalam kasus 1.

Lalu, bagaimana pemerintah mendapatkan pasien berikutnya yang positif Covid-19?

Mulanya, pemerintah menelusuri dan mendapatkan 80 pengunjung dan orang yang berada di restoran itu pada 14 Februari 2020.

Berikutnya, dilakukan screening hingga kemudian dikerucutkan menjadi 20 orang yang diminta untuk pendalaman.

Baca Juga: Ketika Anies Sebut Ada Warga DKI Diawasi karena Corona, tapi Dibantah Menkes Terawan...

Sebanyak 20 orang itu dicari tahu seberapa dekat kontak yang dilakukan. Hasilnya, ada tujuh pasien yang dilakukan pemeriksaan lanjutan.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan di RSPI Sulianti Saroso, pemerintah kemudian memastikan ada tiga pasien lagi yang mengidap Covid-19, yaitu Kasus 3, 4, dan 5.

Sementara, pemerintah menyebut bahwa Kasus 6 tidak terkait dengan klaster Jakarta. Ia merupakan awak kapal pesiar Diamond Princess yang sebelumnya menjadi salah satu lokasi besar persebaran virus corona.

Baca Juga: [FULL] Pengumuman Lengkap Jokowi Soal 2 WNI Positif Corona

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pertama kali mengumumkan kalau ada dua orang di Indonesia yang positif terjangkit virus corona, Senin (2/3/2020).

Jokowi menyampaikan bahwa dua Warga Negara Indonesia (WNI) itu tersebut sempat melakukan kontak dengan warga negara Jepang yang datang ke Indonesia.

Warga Jepang itu terdeteksi virus corona setelah meninggalkan Indonesia dan tiba di Malaysia. 

#Corona #VirusCorona #WNICorona

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x