Kompas TV video cerita indonesia

Fahira Idris Dipolisikan Terkait Hoaks Virus Corona

Kompas.tv - 2 Maret 2020, 16:59 WIB
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Fahira Idris dilaporkan ke polisi oleh Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid atas dugaan penyebaran berita bohong.

Fahira dilaporkan ke Polda Metro Jaya dengan nomor laporan LP/1387/III/Yan.2.5/ 2020/SPKT/PMJ, tanggal 1 Maret 2020.

Dilansir dari Kompas.com, Muannas mengatakan, Fahira diduga menyebarkan berita bohong melalui cuitan di akun Twitter pribadinya tentang jumlah pasien yang terjangkit virus corona atau Covid-19 di Indonesia.

Cuitan milik Fahira tersebut pun telah dihapus. Namun, memang tangkapan layar cuitan telah tersebar dan meresahkan masyarakat.

Baca Juga: [TERBARU] Presiden Jokowi Umumkan 2 WNI Terinfeksi Virus Corona

"Unggahan tersebut menimbulkan kegaduhan dan meresahkan. Konten itu sempat diprotes netizen, bahkan menjadi trending topic di Twitter dengan tagar #tangkapfahiraidris," kata Muannas dalam keterangan tertulis, Senin (2/3/2020).

Padahal, menurut Muannas, Fahira seharusnya lebih berhati-hati saat mengunggah konten di media sosial karena ia merupakan pejabat publik.

"Dia merupakan pejabat negara yang mempunyai akses luas dibanding masyarakat biasa. Seharusnya dia bisa mencari tahu terlebih dahulu melalui Kementerian Kesehatan atau pihak terkait lainnya," ungkap Muannas yang dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: [FULL] Pengumuman Lengkap Jokowi Soal 2 WNI Positif Corona

Dalam laporannya itu, Muannas membawa sejumlah barang bukti, yakni dua lembar tangkapan layar cuitan Fahira dan sebuah flashdisk yang berisikan alamat URL Twitter pribadi Fahira.

#FahiraIdris #VirusCorona #MuannasAlaidid



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x