Kompas TV video cerita indonesia

BNPT Luruskan Kabar Soal Pemulangan 600 WNI Eks ISIS

Kompas.tv - 7 Februari 2020, 17:30 WIB
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) meluruskan kabar soal wacana pemerintah memulangkan warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi terduga teroris lintas batas negara atau Foreign Terrorist Fighter (FTF). Ia menegaskan wacana tersebut tidak benar karena masih dalam kajian oleh sejumlah kementerian terkait.

Kepala BNPT Suhardi Alius menegaskan belum ada rencana pemulangan WNI eks ISIS. Dia menjelaskan BNPT hanya mendapat informasi dari beberapa lembaga intelijen internasional Timur Tengah.

"Kami bagian dari komunitas internasional. Nah, di situlah kami diinformasikan kalau ada sekian puluh ribu, di tiga camp di Suriah, FTF (foreign terrorist fighter/teroris asing) dengan keluarganya. Nah sekarang diinformasikan ada yang mengaku sebagai WNI," kata Suhardi dalam jumpa pers di Gedung BUMN, Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Baca Juga: Tak Setuju Kepulangan WNI Eks ISIS, Mahfud MD: Bisa Jadi Virus Baru di Sini!

Dari informasi itu, ia menambahkan, BNPT kemudian membahasnya dengan Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) dan melibatkan sejumlah instansi terkait, yakni Kementerian Luar Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, hingga Kementerian Sosial.

Meski demikian, Suhardi menegaskan, hingga kini belum ada keputusan apakah nantinya pemerintah akan memulangkan mereka atau tidak. Pasalnya, proses pemulangan ini bukanlah pekerjaan yang mudah.

“Nah sekarang masih kita bahas, sehingga belum ada sma sekali keputusan. Ini yang perlu saya luruskan dulu. Enggak gampang,” ujar dia. 

#WNI #ISIS #Suriah

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x