Kompas TV regional berita daerah

Jelang Imlek, Warga Keturunan Tionghoa Gelar Doa

Kompas.tv - 24 Januari 2020, 17:15 WIB
jelang-imlek-warga-keturunan-tionghoa-gelar-doa
Salah satu warga keturunan Tionghoa bermarga Lay, sedang memberikan sesajian berupa minuman kepada leluhurnya, di rumah abu, Kelurahan LLBK, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, Jumat siang tadi (Sumber: Dok, Kompas TV Kupang)
Penulis : KompasTV Kupang

KUPANG, KOMPAS.TV - Sehari menjelang perayaan Imlek 2571, warga keturunan Tionghoa di Kupang, Nusa Tenggara Timur, menggelar doa bersama dan memberikan sesajian bagi para leluhur mereka.

Doa bersama   yang dilanjutkan dengan pemberian sesajian ini, berlangsung di sebuah rumah abu atau rumah doa milik marga Lay, yang terletak di Kelurahan Lai Lai Besi Kopan (LLBK), Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, Jumat siang tadi.

Ritual jelang perayaan tahun baru Cina di rumah abu tersebut, selalu digelar oleh warga keturunan Tionghoa bermarga Lay, yang telah menetap di Kota Kupang sejak puluhan tahun silam.

Biasanya setiap rumpun keluarga Lay yang datang, memulai ritual dengan memberikan sesajian berupa, makanan dan minuman, yang ditelatakan di meja persembahan, kemudian dilanjutkan dengan doa bersama.

Dengan memberikan sesajian dan doa, mereka berharap selalu mendapat rejeki melimpah dan kesehatan jasmani, pada tahun baru kali ini.

Rumah abu atau rumah doa marga Lay ini, merupakan satu-satunya tempat ibadah bagi warga keturunan Tionghoa, yang ada di Kota Kupang.

#rumahabu #tahunbarucina #kupang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x