Kompas TV nasional sapa indonesia

KPAI: 5 Persen Pelajar di Jakarta Rawan Depresi dan Bunuh Diri

Senin, 20 Januari 2020 | 03:19 WIB

Siswi SMP Negeri 147 Ciracas, Jakarta Timur melakukan bunuh diri dengan melompat dari lantai 4 gedung sekolah.

Tagar #RIPNadia pun menjadi trending topic dan menjadi bahasan netizen di Twitter.

Pakar Pendidikan, Indra Charismiadji menegaskan depresi jadi pemicu utama terjadinya tindakan bunuh diri tersebut.

Baca Juga: Misteri Kematian Siswi Bunuh Diri Lompat dari Lantai 4 Gedung Sekolah

Dari suatu problema yang tak bisa dan tak kuat dihadapi lagi, maka anak tersebut mencari jalan pintas untuk menyelesaikannya.

Tak adanya perhatian dari lingkungan sekitar juga jadi faktor penguat terjadinya tindakan bunuh diri. 

Indra pun menegaskan pendidikan di Indonesia masih punya PR untuk para guru benar-benar menjadi pendidik, bukan sekadar mentransfer ilmu saja ke para muridnya. Jadi, ketika ada gelagat negatif dari siswanya, guru tersebut bisa peka.

Sementara itu, Komisioner KPAI Retno Listyarti melanjutkan, bahwa depresi bisa terjadi dari beberapa hal.

Baca Juga: Siswi SMP Bunuh Diri di Sekolah, Korban Bully?

Salah satunya dari beban belajar. Ketika anak dituntut untuk selalu menjadi yang terbaik, hal tersebut bisa memicu stres. 

Retno menyampaikan bahwa pendidikan yang baik itu dilengkapi dengan cara menghadapi kehidupan, bukan cuma menghafal saja.  

Retno melanjutkan, sebanyak 5,39% siswa SMA dan SMK di Jakarta rawan terkena depresi. Bahkan, sekitar 3 persennya sudah melakukan percobaan bunuh diri. 

Editor : Christandi Super



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Pengukuhan Lima Pjs Bupati Walikota

Selasa, 29 September 2020 | 02:30 WIB
KOMPAS SPORT

Timnas U19 Menang 1-0 dari Dinamo Zagreb

Selasa, 29 September 2020 | 02:29 WIB
Berita Daerah

Personel Pengamanan Pjs Gubernur Sulut

Selasa, 29 September 2020 | 02:20 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
04:44
ANTISIPASI PENYAKIT RABIES, PEMPROV JATENG BERSAMA DINAS PETERNAKAN & KESEHATAN HEWAN SEDIAKAN 8.000 VAKSIN   KEMENTERIAN PUPR BANGUN 113 RUMAH TAK LAYAK HUNI WARGA BANTARAN SUNGAI LANGSA, ACEH   PEMPROV BANTEN SIAPKAN LAHAN SATU HEKTAR DI SAYAR, SERANG, UNTUK TEMPAT PEMAKAMAN KHUSUS COVID-19   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO DORONG PEMERINTAH BERKOMITMEN TUNTASKAN ENDEMIS RABIES DI 26 PROVINSI   KETUA SATGAS COVID-19 MINTA MASYARAKAT BERPERAN JADI PAHLAWAN KEMANUSIAAN   GUBERNUR RIAU MINTA PT HUTAMA KARYA PRIORITASKAN TEMPAT PERISTIRAHATAN DI TOL PEKANBARU-DUMAI DIKELOLA UMKM LOKAL   BAWASLU FOKUS AWASI KEGIATAN KAMPANYE DI MEDIA SOSIAL   KETUA BALEG DPR: PEMBAHASAN RUU CIPTA KERJA AKAN DILANJUTKAN DI TINGKAT TIM PERUMUS DAN SINKRONISASI   KETUA BALEG DPR: PEMBAHASAN "OMNIBUS LAW" RUU CIPTA KERJA DI TINGKAT PANITIA KERJA RAMPUNG   6 PEDAGANG POSITIF COVID-19, PASAR CIPLAK, JAKARTA SELATAN, DITUTUP SEMENTARA SELAMA 3 HARI   PEMKOT DAN DPRD KOTA BEKASI SUSUN PERDA SOAL COVID-19 UNTUK PERKUAT PENERAPAN SANKSI   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO: SEKITAR 45 JUTA WARGA INDONESIA YAKIN TAK AKAN TERTULAR COVID-19   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO SEBUT TEMPAT TIDUR ISOLASI PASIEN COVID-19 DI JAKARTA TERSISA 3.750   SATGAS COVID-19 KEMBANGKAN MASKER KHUSUS UNTUK DAERAH ZONA MERAH