Kompas TV video cerita indonesia

Montir di Kabupaten Pinrang Ciptakan Pesawat dari Barang Bekas, Bisa Terbang?

Kompas.tv - 16 Januari 2020, 13:25 WIB
Penulis : Laura Elvina

PINRANG, KOMPAS.TV - Seorang warga di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, melakukan uji coba membuat pesawat dari barang bekas. Chaerul, mencoba menerbangkan pesawatnya yang hanya menggunakan mesin motor dua tak bekas. Setelah melalui lima kali percobaan gagal, Chaerul akhirnya bisa menerbangkan pesawat rakitannya pada Rabu, (15/1/2020).

"Ya sekitar lima kali gagal, tadi sudah berhasil," ujar Chaerul yang sempat tak percaya pesawat rakitannya bisa terbang.

Chaerul menerbangkan pesawatnya di pinggir Pantai Ujung Tape, Kabupaten Pinrang, dengan ketinggian lima hingga 10 meter dari permukaan laut. Beberapa warga yang menyaksikan ikut berteriak histeris saat melihat pesawat Chaerul terbang. Chaerul pun mengaku senang atas keberhasilannya.

"Senang, bisa terbang pesawatnya, meski ada perasaan takut juga," ucap Chaerul.

Baca Juga: Ingin Berburu Souvenir di Samarinda, Ini Tempatnya

Chaerul bukanlah lulusan aerodinamika, namun dirinya hanya seorang montir motor dan hanya menyelesaikan pendidikan sampai sekolah dasar. Berbekal mimpi ingin naik pesawat, Chaerul berusaha untuk mencari tahu ilmu tentang pesawat dari internet. Dalam penyelesaian pesawatnya, Chaerul juga dibimbing oleh seorang mantan penerjun Kopassus yang ada di Kabupaten Pinrang.

Pesawat buatan Chaerul ini, memang masih jauh dari sempurna. Tapi setidaknya ia membuktikan, bahwa mimpi bisa menjadi pintu masuk dalam menghasilkan karya.

#pesawat #barangbekas #pesawatmesinmotor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x