Kompas TV video cerita indonesia

Ingin Berburu Souvenir di Samarinda, Ini Tempatnya

Kompas.tv - 16 Januari 2020, 11:43 WIB
Penulis : Laura Elvina

SAMARINDA, KALIMANTAN TIMUR - Diproyeksikan sebagai penyangga Ibu Kota baru, Kota Samarinda ikut mempersiapkan diri. Salah satunya dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sejumlah pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terus berkreasi untuk memajukan industri kreatif. Mereka tengah berupaya memajukan sentra penjualan oleh-oleh atau souvenir yang ada di Kota Samarinda yang dikenal dengan nama Citra Niaga.

Komplek pusat perbelanjaan Citra Niaga dibangun sejak tahun 1987, dan terus dimanfaatkan sebagai sentra oleh-oleh. Pusat perbelanjaan ini telah banyak membantu memajukan industri kreatif dan UMKM di Kota Samarinda.

Tempat ini menyediakan pernak-pernik berbahan dasar manik, kerajinan perlengkapan dapur tradisional, serta tas dan topi yang terbuat dari daun.

Baca Juga: Yuk Coba Liburan ke Desa Wisata Baru di Bali

Pusat perbelanjaan ini hingga saat ini masih jadi tujuan utama pelancong untuk mencari souvenir. Bahkan CItra Niaga juga memiliki nilai sejarah dalam bidang perdagangan. tempat ini juga merupakan karya arsitek Antonio Ismail dan pernah mendapat penghargaan internasional pada 1989. Bahkan di era 70 hingga 80-an, kawasan ini pernah menjadi lokasi industri perfilman Indonesia.

Meski menjadi tujuan utama pelancong dan sarat akan sejarah, para pedagang di pasar souvenir ini mengaku tidak selalu mendapatkan omzet yang besar. Hal ini dikarenakan wisatawan hanya ramai di waktu-waktu tertentu saja. Pemindahan Ibu Kota baru diharapkan bisa mendorong kunjungan wisatawan ke Samarinda, yang akan berdampak pada banyaknya penjualan souvenir. 

"Saya mengharapkan bisa cepat direalisasi, karena otomatis pasti ada perkembangan penduduk yang ke sini, tamu-tamu negara juga cari oleh-olehnya ke Kalimantan," ujar Wibowo, salah satu pedagang di sentra oleh-oleh Citra Niaga.

#KalimantanTimur #Samarinda #IbuKota #IbuKotaBaru



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x