HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Benarkah Harun Masiku Sudah Kembali ke Indonesia?

Rabu, 15 Januari 2020 | 01:02 WIB

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Harun Masiku sebagai tesangka kasus korupsi suap kepada komisioner KPU, Wahyu Setiawan.

Semenjak ditetapkan sebagai tersangka, Harun tidak berada Indonesia.

Dua hari menjelang Operasi Tangkap Tangan yang dilakukan oleh KPK terhadap Wahyu Setiawan, Harun terdeteksi melakukan perjalanan ke luar negeri.

Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham Arvin Gumilang juga menyatakan, Harun tercatat meninggalkan Indonesia pada Senin (6/1/2020).

"Iya tercatat dalam data perlintasan keluar Indonesia tanggal 6 Januari," ujar Arvin kepada wartawan

Sempat ada kabar yang menyatakan Harun telah kembali ke Indonesia.

Saat dikonfirmasi wartawan, Ketua KPK Firli Bahuri mengaku tak tahu menahu akan kabar tersebut. Menurutnya, ia harus berkoordinasi langsung dengan kemenkumham akan hal tersebut.

“Kalau ada informasi itu, saya harus cek lagi ke Kemenkumham. Karena Kumham yang memiliki data yang cepat. Kita komunikasi yang intens dengan kumham, siapa yang keluar negeri, siapa yang masuk ke dalam negeri kita, itu tercatat semua dalam sistem aplikasi. Ada di catatan Direktorat Jenderal Direktur Penindakan Dirjen Imigrasi,” ujar Firli kepada wartawan.

Harun Masiku adalah politisi dari PDI Perjuangan.

Ia ditetapkan tersangka bersama dengan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan.

Harun diduga memberikan uang sebanyak 600 juta kepada Wahyu.

Uang tersebut belum diketahui sumber dananya.

Hal ini dilakukan untuk  memuluskan niatnya menjadi anggota DPR melalui proses pergantian antar waktu (PAW).

Harun yang waktu itu caleg PDI-P, diperuntukkan untuk menggantikan Nazarudin Kiemas yang telah meninggal dunia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
08:08
GELANDANG AC MILAN, HAKAN CALHANOGLU, SEBUT TIMNYA BUTUH PEMIMPIN SEPERTI ZLATAN IBRAHIMOVIC   VIRGIL VAN DIJK DAN MOHAMED SALAH CETAK GOL, LIVERPOOL MENANG 2-0 ATAS MANCHESTER UNITED   CEO INTER MILAN, GIUSEPPE MAROTTA, MENGAKUI PIHAKNYA SAAT INI TENGAH BERNEGOSIASI DENGAN AGEN CHRISTIAN ERIKSEN   MANAJER MANCHESTER UNITED, OLE GUNNAR SOLSKJAER, SEBUT CEDERA MARCUS RASHFORD PARAH DAN HARUS ABSEN CUKUP LAMA   MANAJER MANCHESTER UNITED, OLE GUNNAR SOLSKJAER, MENGAKUI TIMNYA LAYAK KALAH DALAM PERTANDINGAN MELAWAN LIVERPOOL   NEMANJA MATIC SAYANGKAN MANCHESTER UNITED TIDAK RAIH APA PUN DARI PENGUASAAN 35 MENIT AKHIR LAGA MELAWAN LIVERPOOL   DUA ANGGOTA POLISI LUKA-LUKA AKIBAT DIANIAYA OLEH MASSA SAAT AKSI UNJUK RASA DI HONG KONG   BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 6,6 YANG BERPUSAT DI 64 KILOMETER DARI BOLAANG UKI, SULUT, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI   KTT BERLIN SEPAKATI PENGHENTIAN CAMPUR TANGAN ASING DI LIBYA   IRAN PULANGKAN 11 JENAZAH WARGA UKRAINA KORBAN PESAWAT JATUH AKIBAT DITEMBAK RUDAL PASUKAN GARDA REVOLUSI IRAN   PT PERTAMINA AKAN MEMBERI SANKSI SPBU YANG MENJUAL BBM BERSUBSIDI DI ATAS HARGA ECERAN TERTINGGI   KPU BERHARAP KOMISIONER PENGGANTI WAHYU SETIAWAN YANG TERKENA OTT KPK CEPAT DILANTIK   PRESIDEN JOKOWI NAIKI KAPAL PINISI UNTUK CEK KESIAPAN MENERIMA WISATAWAN DI KAWASAN WISATA PREMIUM LABUAN BAJO, NTT   BNPB: AKIBAT BANJIR BANDANG YANG TERJANG JEMBATAN GANTUNG DI DESA MANAU SEMBILAN II, BENGKULU, 4 ORANG MENINGGAL