Kompas TV nasional berita kompas tv

Kapal-kapal TNI AL Terus Melakukan Komunikasi Persuasif Demi Usir Kapal Tiongkok

Kompas.tv - 5 Januari 2020, 22:40 WIB
Penulis : Dea Davina

Kapal penjaga Pantai Tiongkok, hingga hari Minggu pagi masih terlihat berada di Wilayah Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia, Laut Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

Panglima Komando gabungan wilayah pertahanan satu, Laksamana Madya Yudo Margono, di Tanjungpinang siang tadi, mengatakan, kapal-kapal TNI Angkatan Laut terus melakukan komunikasi dengan kapal penjaga pantai (coast guard) Tiongkok untuk meminta mereka keluar dari wilayah Indonesia dengan cara yang persuasif. Namun sampai sekarang mereka tetap bertahan dengan keyakinan bahwa mereka melakukan hal yang legal, menurut mereka.

Hari ini kapal-kapal TNI juga akan memperkuat pasukan mereka agar bisa mengusir kapal penjaga pantai (coast guard) milik Tiongkok segera. Kapal-kapal tersebut melakukan pencurian ikan di wilayah Laut Natuna.

Posisi kapal penjaga Pantai Tiongkok ini, berada sekitar 130 mil timur laut Kota Ranai, Kabupaten Natuna. Sebelumnya, pada Senin lalu, kapal penjaga Pantai Tiongkok ini masuk ke wilayah Indonesia runtuk melindungi kapal nelayan mereka yang mencuri ikan di Indonesia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x