Kompas TV video news vlog

Contoh Toleransi Antar Agama di Bali - VLOG

Kompas.tv - 28 Desember 2019, 18:22 WIB
Penulis : Yuilyana

Inilah contoh toleransi antar agama di Bali. Berlokasi didekat Bandara I Gusti Ngurah Rai, ada tiga tempat ibadah dalam satu area. Ada Pura Jagat Tirtha, Masjid Nurul Huda, dan Gereja GPIB Ekklesia. Sejak dibangun di satu area, tidak pernah terjadi konflik. Justru saling dukung saat perayaan masing-masing hari besar.

Jurnalis KompasTV sempat mewawancarai juru parkir di sekitar lokasi tempat ibadah. Pak Gandhi sapaan akrabnya mengaku selama ia bekerja di sekitar lokasi, mengatakan area ini memang idenya dari pemerintah daerah setempat. Dalam rangka keanekaragaman walau kita beda tapi tetep satu, iya Bhinneka Tunggal Ika.  Begitupun ketika dalam perayaan hari raya. Jika momen Idul Fitri, boleh parkir di gereja, juga sebaliknya saat hari raya Natal, boleh parkir di area masjid. Begitupun dengan umat beragama Hindu, semuanya tak ada yang membatasi penggunaan lahan parkir.

Kerukunan antar umat beragama di lokasi ini telah berlangsung puluhan tahun. Semangat toleransi yang diciptakan, membuat terciptanya lingkungan yang damai dan tanpa konflik agama.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x