Kompas TV nasional sapa indonesia

Meraup Laba dari Budidaya Burung Pipit Jepang

Kompas.tv - 11 Desember 2019, 18:16 WIB
Penulis : Reny Mardika

Seorang warga desa Kebakalan, kecamatan Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, berhasil membudidayakan burung pipit jepang. Tingginya minat terhadap burung berwarna-warni ini, membuat para pencinta burung harus masuk ke dalam daftar tunggu jika ingin memilikinya.

Burung pipit atau yang biasa disebut sebagai emprit adalah jenis burung pemakan biji yang hidup berkelompok. Karena sering memakan padi yang mulai menguning, oleh petani, burung pipit kerap dianggap sebagai hama.

Namun di tangan Iwan Kurniawan warga desa Kebakalan, kecamatan Porong, Sidoarjo, burung pipit dibudidaya dan menghasilkan nilai ekonomi yang tidak sedikit.

Iwan memanfaatkan halaman belakang rumahnya untuk mendirikan kandang penangkaran burung pipit atau emprit jepang.

Emprit jepang merupakan salah satu burung peliharaan yang diminati di Indonesia. Selain kicauan yang meriangkan hati pemiliknya, bulu yang warna-warni juga membuat si emprit jepang begitu populer.

Lagipula burung ini mudah pemeliharaannya. Emprit jepang bertelur sebulan sekali. tiap kali bertelur bisa menghasilkan 5-8 butir. Tingginya minat membuat para pencinta burung harus sabar masuk dalam daftar tunggu sebelum akhirnya bisa memiliki si pipit jepang ini.
 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x