Kompas TV video cerita indonesia

Menkeu Sebut Kerugian Negara Jika Barang Selundupan Tidak Dilaporkan

Kompas.tv - 5 Desember 2019, 19:30 WIB
Penulis : Yuilyana

Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Thohir menggelar konfrensi pers terkait hasil investigasi sementara penyelundupan barang oleh sejumlah oknum di Garuda Indonesia. Barang yang ditemukan merupakan jenis barang mewah. Menurut Sri,  apabila barang tersebut tidak dilaporkan, negara akan mengalami kerugian hingga miliaran rupiah. Hingga kini, kementerian BUMN bekerjasama dengan kementerian keuangan akan menginvestigasi lebih lanjut terkait penyelundupan barang mewah tersebut.

Barang yang disita adalah berupa sparepart dari motor Harley Davidson, dan sepeda brompton. Di mana, harga dari kedua barang tersebut tidak main main. Satu Harley Davidson bisa dihargai sebesar 800 juta rupiah, sementara satu unit sepeda Brompton di harga hingga 80 juta rupiah.

Sebelumnya, pesawat Airbus A330-900 milik Garuda Indonesia kedapatan membawa masuk onderdil motor Harley Davidson ilegal oleh petugas Bea dan Cukai. Petugas Bea dan Cukai mendapati barang-barang ilegal itu saat pesawat Airbus A330-900 yang dipesan oleh maskapai pelat merah tersebut tiba di Indonesia.

Spare parts yang dibawa oleh karyawan yang onboard dalam pesawat tersebut juga telah melalui proses kepabeanan di Delivery Center Airbus di Toulouse, Perancis. Setelah armada terbaru Garuda Indonesia tersebut tiba di GMF, seluruh spare part tersebut dilaporkan kepada petugas bea cukai untuk diproses sesuai ketentuan yang berlaku. Atas terjadinya insiden tersebut, Ikhsan mengatakan, karyawan Garuda Indonesia yang tidak disebut namanya itu siap untuk diberikan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x