HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional aiman

Cegah Candu Gadget Anak Diberi Anak Ayam | Tersulut Gawai, Terganggu Jiwa AIMAN

Jumat, 1 November 2019 | 23:55 WIB

Seiring perkembangan zaman, keberadaan gawai seolah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Rasa canggung dan “mati gaya” pun menghinggap, jika tangan tidak menggengam gawai. Ini karena gawai telah menjadi kebutuhan. Berguna untuk membantu pekerjaan, hingga mencari hiburan. Namun, kehadirannya memunculkan efek candu. Candunya bisa menyebabkan gangguan jiwa.

Awal bulan ini, masyarakat dikejutkan dengan fakta Rumah Sakit Jiwa ternyata telah menangani ratusan anak pecandu gadget. Fenomena baru ini muncul sejak masifnya kehadiran gimonlinedan media sosial di perangkat telepon pintar (smartphone). Rata-rata dalam sebulan, rumah sakit jiwa menerima dua hingga puluhan pasien pecandu gawai berusia anak dan remaja. Jumlahnya terus meningkat. Tiap hari ada saja pasien yang yang dating berobat akibat kecanduan gawai. Bagaimana ini bisa terjadi?

Jurnalis Kompas TV, Aiman Witjaksono mendatangi salah satu Rumah Sakit Jiwa yang menangani pasien candu gawai terbanyak, yaitu RSJ Cisarua di Jawa Barat. Aiman akan melihat bagaimana penanganan pasien pecandu gawai dan berbincang dengan dokter ahli kejiwaan untuk mengetahui bagaimana ciri anak penderita gangguan kejiwaan akibat candu gawai dan bagaimana pencegahannya.

#AIMAN #GangguanJiwa #Gadget

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

CERITA INDONESIA

#RIPNADIA Rindu Sang Bunda

Minggu, 19 Januari 2020 | 00:54 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
06:58
AC MILAN TERTARIK MENDATANGKAN EMRE CAN DARI JUVENTUS PADA BURSA TRANSFER JANUARI 2020   INTER MILAN RESMI MENDATANGKAN ASHLEY YOUNG DARI MANCHESTER UNITED DENGAN KONTRAK ENAM BULAN KE DEPAN   PERTANDINGAN WATFORD VS TOTTENHAM HOTSPUR IMBANG TANPA GOL PADA LAGA LIGA INGGRIS DI STADION VICARAGE ROAD   PERSELA LAMONGAN RESMI MENDATANGKAN MANTAN BEK PERSEBAYA SURABAYA, NOVAN SETYA SASONGKO   BHAYANGKARA FC RESMI MENDATANGKAN PEMAIN ASAL BRASIL RENAN SILVA DENGAN DURASI KONTRAK SATU TAHUN   BAHAS SITUASI DI SURIAH, PRESIDEN TURKI RECEP TAYYIP ERDOGAN AKAN BERTEMU PRESIDEN RUSIA VLADIMIR PUTIN DI JERMAN   KAPAL MOTOR PANJI SAPUTRA YANG ANGKUT 25 DRUM AVTUR HILANG KONTAK DI PERAIRAN MALUKU SEJAK 7 JANUARI 2020    BPBD DKI PASTIKAN GENANGAN DI SEJUMLAH WILAYAH JAKARTA AKIBAT CURAH HUJAN TINGGI SUDAH SURUT   MENKOMINFO JOHNNY G PLATE MENYATAKAN KEWENANGAN PENUNJUKAN DIREKTUR BARU TVRI BERADA DI DEWAN PENGAWAS   WAKIL KETUA BALEG DPR WILLY ADITYA MINTA PEMERINTAH PERHATIKAN ASPIRASI & MASUKAN MASYARAKAT SOAL RUU "OMNIBUS LAW"   KEPALA BIN BUDI GUNAWAN SEBUT KEBERADAAN KERATON AGUNG SEJAGAT DAN SUNDA "EMPIRE" SUDAH TERDETEKSI SEJAK LAMA   MAHASISWA UNIVERSITAS TARUMANEGARA GUGAT POSISI WAGUB DKI YANG KOSONG SEJAK 2018 KE MAHKAMAH KONSTITUSI   POLISI: KECELAKAAN BUS YANG TEWASKAN DELAPAN ORANG DI CIATER MERUPAKAN WISATAWAN ASAL DEPOK   POLISI DUGA KECELAKAAN BUS DI CIATER, KABUPATEN SUBANG, DISEBABKAN REM BLONG