Kompas TV nasional aiman

Cegah Candu Gadget Anak Diberi Anak Ayam | Tersulut Gawai, Terganggu Jiwa AIMAN

Jumat, 1 November 2019 | 23:55 WIB

Seiring perkembangan zaman, keberadaan gawai seolah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Rasa canggung dan “mati gaya” pun menghinggap, jika tangan tidak menggengam gawai. Ini karena gawai telah menjadi kebutuhan. Berguna untuk membantu pekerjaan, hingga mencari hiburan. Namun, kehadirannya memunculkan efek candu. Candunya bisa menyebabkan gangguan jiwa.

Awal bulan ini, masyarakat dikejutkan dengan fakta Rumah Sakit Jiwa ternyata telah menangani ratusan anak pecandu gadget. Fenomena baru ini muncul sejak masifnya kehadiran gimonlinedan media sosial di perangkat telepon pintar (smartphone). Rata-rata dalam sebulan, rumah sakit jiwa menerima dua hingga puluhan pasien pecandu gawai berusia anak dan remaja. Jumlahnya terus meningkat. Tiap hari ada saja pasien yang yang dating berobat akibat kecanduan gawai. Bagaimana ini bisa terjadi?

Jurnalis Kompas TV, Aiman Witjaksono mendatangi salah satu Rumah Sakit Jiwa yang menangani pasien candu gawai terbanyak, yaitu RSJ Cisarua di Jawa Barat. Aiman akan melihat bagaimana penanganan pasien pecandu gawai dan berbincang dengan dokter ahli kejiwaan untuk mengetahui bagaimana ciri anak penderita gangguan kejiwaan akibat candu gawai dan bagaimana pencegahannya.

#AIMAN #GangguanJiwa #Gadget

Editor : Novian Zainul Arifin



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:12
WEBINAR MENULIS, MENERBITKAN, DAN MEMASARKAN BUKU BERSAMA EKO PRABOWO. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID    PM INGGRIS BORIS JOHNSON SEBUT PEMBUKAAN SEKOLAH PADA AWAL SEPTEMBER 2020 SEBAGAI PRIORITAS NASIONAL   PM INGGRIS BORIS JOHNSON MINTA SEKOLAH DIBUKA KEMBALI PADA SEPTEMBER 2020   IMBAS DARI SANKSI AS, PRODUKSI "CHIPSET" UNTUK PONSEL HUAWEI AKAN BERHENTI 15 SEPTEMBER 2020   BPBD: JUMLAH BENCANA ALAM PADA PERIODE 1 JANUARI HINGGA 9 AGUSTUS 2020 MENCAPAI 1.771 KEJADIAN   MENHUB BUDI KARYA SUMADI OPTIMISTIS PROYEK PELABUHAN PATIMBAN DI SUBANG, JABAR, TAHAP I BISA SELESAI PADA OKTOBER 202   UNJUK RASA PADA 14 & 16 AGUSTUS DI GEDUNG DPR BERTUJUAN AGAR PEMBAHASAN “OMNIBUS LAW” RUU CIPTA KERJA DIHENTIKAN   KELOMPOK MASYARAKAT SIPIL AKAN MELAKUKAN UNJUK RASA PADA 14 & 16 AGUSTUS 2020 DI DEPAN GEDUNG DPR   POLISI SEBUT TERSANGKA KASUS FETISH KAIN JARIK MENGAKU ADA 25 ORANG YANG JADI KORBAN SEJAK 2015 HINGGA SAAT INI   BPBD JEMBER: SEORANG PELAJAR SMAN TENGGARANG YANG JATUH DI GUNUNG PIRAMID DITEMUKAN MENINGGAL DUNIA HARI INI   BASARNAS: OPERASI PENCARIAN WARGA AS YANG HILANG DI TELUK AMBON DIPERLUAS HINGGA 400 METER   PEMKAB PONOROGO TUTUP SEMENTARA PUSKESMAS WRINGINANOM SELAMA 10 HARI KE DEPAN KARENA EMPAT PEGAWAI POSITIF KORONA   PSBB DI TANGERANG RAYA KEMBALI DIPERPANJANG DUA PEKAN KE DEPAN HINGGA 22 AGUSTUS 2020   KEMDIKBUD ALOKASIKAN DANA SEBESAR RP 405 MILIAR UNTUK PENANGANAN KORONA