HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Keren! Sak Semen Disulap Jadi Tas Hingga Tutup Air Galon

Rabu, 9 Oktober 2019 | 15:34 WIB

Aneka kerajinan tas ini terlihat di etalase sebuah rumah di Perumahan Tanggulangin Anggun Sejahtera, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo. Kerajinan tas yang ditampilkan ini terlihat indah serta memiliki nilai seni dan bahkan ada kesan kelas premium.

Namun siapa sangka, aneka kerajinan ini ternyata berbahan sak semen bekas. Usaha kerajinan berbahan sak semen tersebut ternyata bermula dari sekadar coba-coba mengikuti perlombaan dengan menampilkan hasil kerajinan dari bahan bekas di sekitar rumah mereka.

Weny Indrasari bersama suaminya, Sutiyono, melakoni usahanya menjadi perajin aneka tas berbahan baku sak semen sejak 2010 silam. Saat itu ada perlombaan Sidoarjo bersih dan hijau di tempat tinggal mereka yaitu Perumahan Tanggulangin Anggun Sejahtera.

Tak disangka, kerajinan Weny ternyata menarik perhatian dan kemudian banyak yang memintanya mengikuti pameran usaha mikro kecil dan menengah di sejumlah tempat. Hingga dapat mandiri, dengan menjajakan hasil produksi mereka melalui media online maupun dari mulut ke mulut.

Kerajinan Weny dan Sutiyono tidak hanya aneka tas, namun juga dompet, tempat tisu, hingga tutup galon air. Mereka pun memberi merk yaitu R3-VIORA, gabungan dari nama dua anak mereka, yaitu Vio dan Aditya.

Agar terlihat variatif dan semakin indah, kerajinan bahan baku sak semen ini dipadukan dengan kulit kayu yang didapatkan dari Samarinda, Kalimantan Timur seharga Rp 150 ribu per lembarnya.

Kini konsumen yang memesan atau membeli produk R3-VIORA sudah tersebar dari hampir seluruh wilayah di tanah air. Bahkan pernah ada konsumen yang membeli kemudian dibawa ke Korea hingga Amerika Serikat untuk oleh-oleh koleganya di sana.

#SakSemen #TasdariSakSemen #KerajinanTangan

Editor : Desy Hartini



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
11:45
AIRNAV INDONESIA: BENDA PUTIH DI ATAS LANGIT SOLO YANG SEMPAT VIRAL DI MEDIA SOSIAL DIDUGA BALON UDARA   BMKG MEMPREDIKSI SEJUMLAH WILAYAH JABODETABEK HUJAN DENGAN INTENSITAS RINGAN PADA SIANG HINGGA SORE INI   PEMERINTAH ARGENTINA MEMPERPANJANG PEMBERLAKUAN "LOCKDOWN" HINGGA 7 JUNI 2020   PRESIDEN AUSTRIA MEMINTA MAAF KEPADA PUBLIK SETELAH MELANGGAR JAM MALAM UNTUK ANTISIPASI KORONA   PM INGGRIS DITEKAN BANYAK PIHAK UNTUK PECAT KEPALA STAFNYA YANG DILAPORKAN MELANGGAR "LOCKDOWN"   MENDAG MEMINTA MASYARAKAT LAPOR JIKA TEMUKAN PEDAGANG YANG JUAL GULA DENGAN HARGA MAHAL   GUGUS TUGAS KORONA MALUKU UTARA PASTIKAN SEKDA KOTA TIDORE KEPULAUAN MENINGGAL DUNIA AKIBAT KORONA   PT KCI: JUMLAH PENUMPANG KRL PADA HARI PERTAMA IDUL FITRI TURUN 90 PERSEN DIBANDING TAHUN LALU   POLISI AKAN MENYEKAT MULAI DARI JATIM HINGGA JABAR PADA SEJUMLAH TITIK DI JALUR PANTURA DAN JALUR SELATAN   KORLANTAS POLRI PASTIKAN AKAN LARANG MASYARAKAT YANG SUDAH MUDIK UNTUK KEMBALI KE JAKARTA   PEMERINTAH TEGASKAN ASN YANG KEMBALI DARI MUDIK HARUS LAMPIRKAN SURAT PERNYATAAN KAMPUNGNYA BEBAS PSBB   PEMERINTAH IMBAU MASYARAKAT YANG BERADA DI LUAR JAKARTA TAK KEMBALI SELAMA PANDEMI KORONA BERLANGSUNG   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 868 ORANG: 433 SEMBUH, 47 MENINGGAL DUNIA, DAN 388 DALAM PERAWATAN   BELI BERITA BONUS CERITA DI KDP & GRAMEDIA DIGITAL FULL PREMIUM. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETPREMIUM