HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV / klik360 / cerita indonesia

Terungkap! Inilah Penyebab Langit Merah di Jambi

Minggu, 22 September 2019 | 17:33 WIB

Media sosial sempat diramaikan dengan fenomena langit merah di Muaro Jambi. Momen ini pun sempat diabadikan oleh beberapa warga. Fenomena langit merah terjadi saat kasus kebakaran hutan dan lahan marak di Jambi.

Prakirawan BMKG, Lutfi Fitriano mengatakan bahwa fenomena ini biasa disebut mie scattering atau hamburan mie. Penyebabnya diduga masih banyak titik panas di Muaro Jambi.

"Kalau kita lihat berdasarkan satelit, memang terpantau asap di wilayah Muaro Jambi dari Kecamatan Jambi itu cukup pekat ya. Kepekatan, ketebalan asap tersebut cukup tinggi, cukup pekat, cukup tebal dan hal itulah yang bisa dikatakan menyebabkan terjadinya kondisi lingkungan terlihat merah." ujarLutfi Fitriano.

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI)juga menanggapimemerahnya langit Jambi akibat asap karhutla. Menurut WALHI,pemerintahsebaiknyamemasangalat pemantau pencemaran udara sebanyak mungkin agar dapat diketahui pasti partikel yang mengubah warna asap ini.

#LutfiFitriano #LangitMerah #KarhutlaJambi

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
12:33
KETUA PARLEMEN AS NANCY PELOSI SEBUT UPAYA PEMAKZULAN PRESIDEN DONALD TRUMP JALAN TERUS   ATLET CABANG OLAHRAGA ATLETIK, AGUS PRAYOGO, SUMBANG MEDALI EMAS BAGI INDONESIA DI SEA GAMES 2019 DI FILIPINA   PRESIDEN JOKOWI RESMIKAN TOL KUNCIRAN-SERPONG   LIMA JUBIR PRABOWO SUBIANTO: AHMAD MUZANI, SUFMI DASCO AHMAD, SUGIONO, A RIZA PATRIA, DAN HABIBUROKHMAN   KETUM PARTAI GERINDRA PRABOWO SUBIANTO TUNJUK LIMA ORANG JURU BICARA   BELASAN EKOR SAPI MATI TERSAMBAR PETIR DI DESA BOLOK, KECAMATAN KUPANG BARAT, NTT   POLRI BANTAH KRIMINALISASI KASUS JAFAR SHODIQ YANG MENGHINA WAPRES MA'RUF AMIN   PRABOWO SUBIANTO DAN RETNO MARSUDI BERTEMU MENHAN SERTA MENLU AUSTRALIA DI BALI   MENKO KEMARITIMAN DAN INVESTASI TAWARKAN PRODUSEN SERAT KACA ASAL TIONGKOK BERINVESTASI DI INDONESIA   PP MUHAMMADIYAH IMBAU PENDAKWAH TIDAK SAMPAIKAN DAKWAH YANG MENGHUJAT   PEMPROV DKI JAKARTA MINTA PENAMBAHAN ANGGARAN PEMBANGUNAN LRT RUTE PULO GADUNG-KEBAYORAN LAMA SEBESAR RP 68 MILIAR   BKSDA SUMSEL: PETANI KOPI YANG TEWAS DITERKAM SUDAH DIIMBAU MENGHENTIKAN AKTIVITAS DI HABITAT HARIMAU SUMATERA   HARI INI, WAPRES MA'RUF AMIN HADIRI SILATURAHMI KERJA NASIONAL ICMI DI PADANG, SUMBAR   KEPALA BNN SEBUT TINGKAT PENYALAGUNAAN NARKOTIKA DAN OBAT-OBATAN TERLARANG NAIK 0,03 PERSEN