Kompas TV nasional sapa indonesia

Polisi Bangun Taman Baca di Perbatasan Negara

Kompas.tv - 18 September 2019, 17:00 WIB

Belajar membaca menjadi kegiatan yang rutin diterima oleh sejumlah anak anak di dusun Bautasik kecamatan Kakuluk Belu Nusa Tenggara Timur.
Kegiatan ini merupakan bakti seorang anggota BABINKAMTIBMAS Polres Belu.

Setiap hari Aipda Abraham Duka membawa perlengkapan buku bacaan ke balai desa untuk mengajari anak-anak membaca dan memberikan penyuluhan pencegahan kriminal bagi masyarakat di desa binaannya.

Anggota polisi ini selalu mengajak seluruh warga dan anak-anak agar setiap hari selalu meluangkan sedikit waktu untuk membaca buku bacaan yang disediakan. Beragam sumber buku disiapakan guna meningkatkan dan menambah wawasan bagi anak-anak yang tidak bersekolah ataupun yang bersekolah.

Dari sembilan dusun desa binaannya salah satu di dusun Bautasik kecamatan Kakuluk adalah dusun yang kondisi sangat tertinggal. Maka di sinilah pilihan untuk membangun rumah baca.

Anak-anak di dusun ini selalu hadir di rumah baca setiap saat. Dan Aipda Abraham Duka selalu mendampingi satu per satu hingga semuanya bisa membaca dengan lancar.

Tak hanya anak-anak yang mengambil bagian dalam belajar membaca. Sejumlah orang dewasa juga turut mengikuti latihan membaca untuk meningkatkan wawasan berpikir setiap habis penyuluhan dari anggota polisi.

Melalui rumah baca yang telah berdiri sejak tahun 2015 ini polisi berharap rutinitas tersebut bisa membawa perubahan baik bagi warga di garis perbatasan negara ini.

Setiap bulan rumah baca ini selalu mendapat tambahan buku baru agar anak-anak tidak merasa jenuh belajar membaca dan bisa mengikuti perkembangan yang modern.

#polisi #tamanbaca #NTT



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x