Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Bertemu Puteri Indonesia 2023, Sandiaga: Presiden Tekankan soal Kontribusi Bonus Demografi

Kompas.tv - 23 Mei 2023, 00:43 WIB
jokowi-bertemu-puteri-indonesia-2023-sandiaga-presiden-tekankan-soal-kontribusi-bonus-demografi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima para finalis Puteri Indonesia 2023 di Istana Negara, Jakarta pada Senin (21/5/2023).  (Sumber: Dok. Sekertariat Presiden)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima para finalis Puteri Indonesia 2023 di Istana Negara, Jakarta pada Senin (21/5/2023). 

Presiden menyampaikan sejumlah pesan penting, di antaranya adalah soal pentingnya generasi muda untuk memastikan bonus demografi Indonesia. 

Pesan tersebut disampaikan lewat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

"Yang disampaikan Bapak Presiden, pertama berkaitan dengan pentingnya peran generasi muda untuk memastikan bonus demografi kita terkonversi dalam 13-15 tahun ke depan menuju Indonesia negara maju," kata Sandiaga melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.tv. 

Baca Juga: Konser Coldplay Ditolak, Sandiaga Jalin Komunikasi dengan MUI untuk Dengar Pendapat Ulama

Menurut Jokowi sebagaimana disampaikan Sandiaga, masih banyak negara yang sulit meninggalkan statusnya sebagai negara berpenghasilan menengah, lantaran generasi mudanya tak punya terobosan dan jiwa inovatif. 

"Pesan Bapak Presiden agar para Puteri Indonesia sebagai bagian dari bonus demografi memberikan kontribusi dan membawa Indonesia menjadi negara maju dengan pendapatan di atas 25 ribu dolar per kapita atau GDP per kapita 25 ribu dolar ke atas di tahun 2045," jelasnya.

Selain mendorong kesadaran kaum muda, Jokowi juga meminta para finalis Puteri Indonesia 2023 untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada di Tanah Air, khususnya seperti Labuan Bajo, Mandalika, Borobudur, Danau Toba, hingga Likupang. 

"Termasuk ada beberapa destinasi yang akan dikembangkan selanjutnya seperti Bangka Belitung, Kepulauan Seribu, Wakatobi, maupun juga Raja Ampat. Ini yang diharapkan dari generasi muda untuk terus membangun suatu kesadaran bahwa promosi destinasi wisata dan produk-produk ekonomi kreatif mulai dari kuliner, fesyen, dan kriya ini bisa kita dekatkan," papar Sandiaga.

Baca Juga: Ini Arti 3 Mahkota Pemenang Puteri Indonesia 2023: Ada Warna Merah, Hijau dan Biru

Di sisi lain, Ketua Dewan Penasihat Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani menegaskan, pihaknya selalu berkomitmen untuk mendorong perempuan Indonesia menjadi sumber daya manusia yang unggul. 

Salah satu langkahnya adalah memberikan beasiswa kepada seluruh finalis Puteri Indonesia 2023 dengan jenjang dan jurusan yang dikehendaki.

"Kemudian 3 pemenang ini mendapatkan beasiswa dari Universitas Indonesia semua melalui jalur cepat untuk mengambil S1, S2, atau S3. Jadi memang komitmen Yayasan Puteri Indonesia untuk mendorong perempuan Indonesia untuk menjadi SDM unggul mengisi bonus demografi menuju Indonesia Emas 2045," ungkapnya.

Baca Juga: Profil Farhana Nariswari, Pemenang Puteri Indonesia 2023 dari Jawa Barat

Terlepas dari itu, Farhana Nariswari keluar sebagai pemenang ajang Grand Final Puteri Indonesia 2023. Farhana merupakan wakil Jawa Barat 1 dan berhasil mengungguli 44 finalis lainnya dari 33 provinsi. 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x