Kompas TV ekonomi perbankan

Catat! Nasabah BSI Masih Bisa Lunasi Biaya Haji hingga Jumat Sore Ini

Kompas.tv - 12 Mei 2023, 07:44 WIB
catat-nasabah-bsi-masih-bisa-lunasi-biaya-haji-hingga-jumat-sore-ini
Nasabah BSI KCP Tasikmalaya Masjid Agung, Jawa Barat, terlihat berkumpul dengan kebingungan dan rasa was-was. Layanan bank secara manual lewat teller masih tidak berfungsi, sehingga mereka tidak dapat mengecek setoran biaya berangkat haji Kamis, (11/5/2023) (Sumber: Kompas.com/Irwan Nugraha)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau Bank BSI (BRIS) menyatakan, waktu pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) 1444 Hijriah masih bisa sampai hari ini, Jumat (12/5/2023), pukul 16.00 WIB. 

Adanya gangguan layanan BSI tidak mempengaruhi uang jemaah haji yang sudah disetorkan. 

SPV Retail Deposit and Payroll Solution BSI Vita AndriantyIa menjelaskan, tadinya batas waktu pelunasan adalah tanggal 5 Mei, lalu diperpanjang oleh Kemenag jadi 12 Mei karena banyak jemaah yang belum lunas. 

Pihak BSI pun telah berupaya mengejar target pelunasan biaya haji pada 5 Mei, dengan menghubungi hingga mendatangi tempat tinggal calon haji satu per satu.

Baca Juga: Layanan BSI Eror, Rektor ITB Ahmad Dahlan Buat Surat Terbuka untuk BSI dan Erick Thohir

"Makanya saat terdapat permasalahan layanan pada hari Senin (8/5), kami tidak terlalu khawatir karena kami sudah mengejar target sebelumnya," ujar Vita dalam konferenai pers di kantor BSI, Jakarta, Kamis (11/5/2023).

Dengan pengejaran target tersebut, Vita menyebutkan pelunasan biaya jamaah calon haji yang merupakan nasabah BSI sudah mencapai 95 persen hingga saat ini, di atas rata-rata pelunasan tahunan yang hanya 92 persen sampai 93 persen.

Adapun secara keseluruhan terdapat 4,7 juta rekening tabungan haji di BSI. Selain itu, tercatat 81 persen jamaah calon haji berhak melunasi di seluruh Indonesia merupakan nasabah BSI.

Dengan demikian, BSI hingga saat ini masih melayani nasabah yang akan melunasi biaya haji, bahkan saat terdapat permasalahan layanan.

Baca Juga: Para Calon Haji di Tasikmalaya Khawatir Saldo Pelunasan Belum Juga Bisa Dicek di BSI

BSI memiliki kuota sebesar 161.544 calon haji yang berhak lunas, di mana terdapat 153.472 calon haji yang sudah melunasi (95 persen) dan 8.072 calon haji yang belum lunas.

BSI optimistis hingga hari penutupan pelunasan biaya haji besok, jumlah jamaah yang melakukan pelunasan bisa semakin bertambah lantaran BSI memiliki sekitar 1.200 kantor cabang di seluruh Indonesia yang siap menyelesaikan target pelunasan biaya haji.

Diberitakan Kompas TV sebelumnya, Kementerian Agama memperpanjang masa pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 1444 H bagi jemaah haji reguler hingga 12 Mei 2023. Tadinya, pelunasan akan ditutup pada 5 Mei 2023. 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x