Kompas TV regional jawa timur

Peringati Hari Buruh dengan Halal Bihalal, Merajut Harmoni Buruh dan Pemerintah

Kompas.tv - 2 Mei 2023, 20:23 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV  - Ratusan buruh di Jember, Jawa Timur, memperingati Hari Buruh Internasional, pada Senin siang (01/05). Mereka menggelar halal bihalal dan doa bersama dengan jajaran Forpimda dan mengharap pemerintah menindak perusahaan yang melanggar ketentuan upah karyawan.

Peringatan Hari Buruh Internasional di Jember, Jawa Timur, digelar berbeda. Bukan turun ke jalan, namun ratusan buruh dari berbagai perusahaan ini melakukan halal bihalal di Aula PB Sudirman Pemkab Jember, pada Senin siang.

Mereka menjadikan suasana Idul Fitri untuk bersilaturahmi dengan Forum Pimpinan Daerah.

Meski dalam suasana lebaran, massa yang tergabung dalam Serikat Buruh Muslim Indonesia, atau Sarbumusi ini tetap menyuarakan isu kesejahteraan. Mereka berharap pemerintah lebih serius dalam memperjuangkan hak buruh, termasuk menindak perusahaan nakal yang melanggar ketentuan pemberian upah karyawan.

Menurut Umar Farouq, Ketua Sarbumusi Jember, potensi pelanggaran dalam pemberian upah minimum Kabupaten di Jember dinilai masih cukup tinggi, sehingga perlu evaluasi dan pengawasan pemerintah.

Baca Juga: Buruh Unjuk Rasa Tolak Direksi Baru Perusahaan Daerah Perkebunan Kahyangan

Wakil Bupati Jember, Muhammad Balya Firjaun Barlaman menyebut momen peringatan Hari Buruh Internasional yang masih dalam suasana Idul Fitri ini, diharapkan dapat menciptakan keharmonisan antara buruh, pengusaha, dan pemerintah.

Dalam kesempatan ini, Pemerintah Kabupaten Jember juga menyerahkan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Hari Tua, serta beasiswa kepada para buruh dan ahli waris dari buruh perusahaan.

 

#mayday #hariburuh #halalbihalal



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x