Kompas TV regional kalimantan

Lindungi Masa Depan dengan Imunisasi Lengkap

Kompas.tv - 2 Mei 2023, 09:55 WIB
lindungi-masa-depan-dengan-imunisasi-lengkap
Pelaksanaan Imunisasi di Sekolah-sekolah (Sumber: Istimewa)

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Memiliki anggota keluarga yang sehat selalu menjadi dambaan dan harapan para orang tua. Sebab dengan keluarga yang sehat kegembiraan dan kebahagiaan keluarga akan semakin lengkap yang juga berpengaruh pada kelancaran menjalani hari bahkan proses mencapai cita-cita atau masa depan. 

Hal ini pun menjadi perhatian besar Pemerintah. Sehingga upaya atau program mensejahterakan masyarakat melalui bidang kesehatan menjadi bagian prioritas pembangunan dengan pemberian imunisasi sebagai satu di antaranya. 

Dari imunisasi yang diberikan diharapkan  timbul dan meningkatnya kekebalan tubuh terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan  imunisasi yang dapat mencegah dampak fatal terserang penyakit. 

Baca Juga: Ajak Konsumen Hijrah, Toko Busana Muslim di Banjarmasin ini Jadikan Berdagang Sarana Dakwah

Namun tantangan untuk melaksanakannya tidak selalu mudah diatasi termasuk soal izin dari orang tua atau keluarga yang biasanya khawatir karena belum memahami benar manfaat imunisasi. 

Seperti diakui Yuli seorang ibu di Kelurahan Sungai Andai Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan yang sempat tidak setuju pada program imunisasi namun dengan pengertian yang diberikan oleh petugas juga suaminya program imunisasi ia ikuti untuk anak-anaknya. “ Awalnya Saya kurang setuju, karena khawatir pada dampak setelah imunisasi, saya khawatir anak saya panas dan rewel “, begitu kata Yuli menjelaskan alasannya.

Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin mencatat capaian Imunisasi Dasar Lengkap atau IDL tahun 2022  mencapai 87, 6 persen.

Dua tahun terjadinya pandemi Covid-19 memberi pengaruh pada hasil capaian target dan menjadi tantangan untuk lebih menggencarkan program imunisasi. Di tahun 2023  target IDL nasional 2023 sebesar 100 persen. 

Di tahun ini pentingnya pemberian imunisasi diperingati mulai 4 hingga 11 Mei yang bertujuan di antaranya selain meningkatkan pemahaman warga juga menambah energi dan semangat para Garda depan kesehatan untuk melaksanakan tugas mulianya menguatkan kesehatan anak bangsa.

Dukungan dari semua pihak untuk tercapainya target ini sangat diperlukan termasuk dari lingkungan keluarga.

Sebagaimana pemetaan terhadap tantangan atau kendala pelaksanaan program yang dilakukan Dinas Kesehatan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x