Kompas TV internasional kompas dunia

Jelang Penobatan Raja Inggris Charles III: Rumitnya Kehidupan Keluarga Kerajaan, Tak Lepas dari Aib

Kompas.tv - 30 April 2023, 06:05 WIB
jelang-penobatan-raja-inggris-charles-iii-rumitnya-kehidupan-keluarga-kerajaan-tak-lepas-dari-aib
Raja Inggris Charles III punya istri kedua hasil selingkuh, saudara yang memalukan, anak laki-laki dan menantu yang marah-marah, semuanya tidak malu membocorkan rahasia dan aib keluarga. Raja Charles III sama seperti kebanyakan keluarga tetangga kita pada satu hal yang sangat mendasar: kehidupan keluarganya rumit, sungguh rumit! (Sumber: Hugo Burnand/Getty/People Magazine)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV - Raja Charles III hidup di istana, bepergian dengan mobil mewah dengan sopir pribadi, dan menjadi salah satu orang terkaya di Inggris. Tetapi, sesungguhnya ia sama seperti kebanyakan keluarga tetangga kita pada satu hal yang sangat mendasar: kehidupan keluarganya rumit, sungguh rumit!

Raja Charles III punya istri kedua hasil selingkuh, saudara yang memalukan, anak laki-laki dan menantu yang suka marah-marah, semuanya tidak malu-malu membocorkan rahasia keluarga ke wartawan.

Raja baru ini berharap dapat menahan ketegangan tersebut ketika keluarga kerajaan yang beraneka rupa tabiat dan kelakuannya bergabung dengan sekitar 2.800 tamu untuk penobatan Charles pada 6 Mei mendatang di Westminster Abbey. Semua kecuali Meghan, Duchess of Sussex, hadir.

Bagaimana Charles mengatasi drama keluarganya dalam beberapa minggu dan tahun mendatang sangat penting bagi upaya raja untuk menjaga dan melindungi monarki turun-temurun yang kini ia wakili.

Tanpa rasa hormat dari publik, Wangsa Windsor berisiko dianggap sama dengan bintang pop, influencer media sosial, dan peserta acara realitas televisi Inggris yang menjadi santapan tabloid dengan segala gibahnya, merusak prestise yang menjadi dasar peran publiknya.

Sejarawan kerajaan, Hugo Vickers mengatakan, orang harus mampu melihat melampaui judul sensasional di media dan fokus pada apa yang dicapai Charles saat ini sebagai raja.

Baca Juga: Upacara Penobatan Raja Inggris Charles III Digelar 6 Mei, Gunakan Prosesi Berusia Seribu Tahun

Pangeran Harry hari Kamis, (5/1/2022) dalam memoar terbaru mengaku saudara laki-lakinya, putra mahkota kerajaan Inggris Pangeran William memaki dirinya dan secara fisik menyerangnya dalam pertengkaran sengit. (Sumber: AP Photo)

“Secara keseluruhan, ia seperti menjadi orang baru ketika menjadi raja,” kata Vickers, penulis Coronation: The Crowning of Elizabeth II.

“Lihatlah dia seperti dirinya sekarang, lihatlah cara ia mendekati segala sesuatu, lihatlah aura positifnya, dan lihatlah betapa tepatnya dia dalam banyak hal,” tambahnya. “Sayangnya, ia mengalami masa sulit dengan pernikahannya dan beberapa masalah lainnya, tetapi kita hidup dalam era yang sangat sulit.”

Horor masa lalu kembali menghantui Charles minggu lalu, ketika putra bungsunya yang terasing, Pangeran Harry, melancarkan serangkaian tuduhan baru tentang keluarga kerajaan ke tengah-tengah persiapan penobatan.

Dalam bukti tertulis untuk tuntutan pelanggaran privasi terhadap surat kabar Inggris, Harry mengeklaim ayahnya mencegahnya mengajukan tuntutan hukum sepuluh tahun lalu. Pangeran Charles saat itu mengatakan tidak ingin mengulangi gambaran menghebohkan tentang perselingkuhannya dengan sang mantan, Camilla Parker-Bowles, saat ia masih menikah dengan mendiang Putri Diana.

Diana adalah ibu dari Harry dan kakaknya yang juga pewaris takhta Inggris, William, Pangeran Wales. Camilla, sekarang merupakan ratu suami, menikahi Charles pada tahun 2005 dan akan dinobatkan bersama suaminya di Westminster Abbey.

Jika masa lalu menjadi indikasi, perhatian akan beralih pada bahasa tubuh, rencana tempat duduk, dan bahkan pilihan pakaian selama penobatan, saat pengamat kerajaan mencari tanda-tanda perdamaian dalam ketegangan keluarga.

Baca Juga: Kisah Pangeran Harry, yang Memilih Melawan Institusi Kerajaan Inggris dan Keluarganya Sendiri

Raja Charles III dari Inggris bersama Permaisuri Camilla. Raja Charles III akan dinobatkan pada 6 Mei 2023 dalam upacara penobatan raja berusia seribu tahun di Westminster Abbey London. (Sumber: Straits Times)

Tetapi Joe Little, editor utama majalah Majesty, tidak mengharapkan Harry akan banyak berhubungan dengan keluarganya yang lain. Bagaimana pun, Harry tidak akan berada di Inggris untuk waktu yang lama, sehingga tidak banyak waktu untuk memperbaiki hubungan.

"Berita yang kami temukan kemarin tidak akan membantu upayanya," kata Little. "Tetapi, apakah akan ada waktu untuk membahas semuanya dengan raja dan Pangeran Wales? Tidak mungkin."

Opera sabun kerajaan ini tidak dimulai oleh generasi kerajaan saat ini. Sebelumnya, Edward VIII memicu krisis konstitusional pada tahun 1936 ketika ia turun takhta untuk menikahi Wallis Simpson, seorang Amerika yang telah bercerai dua kali.

Kakek Charles, George VI, diakui telah menyelamatkan monarki dengan hidup pelayanan publik yang rendah hati setelah menggantikan kakaknya yang flamboyan. Ratu Elizabeth II yang telah meninggal, meningkatkan reputasi keluarga selama pemerintahannya selama 70 tahun, di mana ia menjadi simbol stabilitas yang memberikan semangat bagi kemenangan bangsa dan menghibur dalam masa-masa yang lebih gelap.

Tetapi, Charles tumbuh di era yang berbeda, di bawah sorotan perhatian media ketika penghormatan terhadap monarki memudar.

Dia telah menjadi sosok kontroversial sejak perceraian publiknya dengan Diana, yang sangat dihormati oleh banyak orang karena penampilannya dan kasih sayangnya.

Baca Juga: Sebelum Raja Charles III Ada Sejarah Mengerikan dengan Raja Inggris Charles I dan Charles II

Raja Charles I, Raja Charles II dan Raja Charles III dari Inggris. Charles I dan II memiliki sejarah mengerikan di jaman mereka. (Sumber: Daily Mail)


Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x