Kompas TV nasional peristiwa

Apa Itu Siklon Tropis Herman? Picu Cuaca Ekstrem hingga Badai di Beberapa Wilayah

Kompas.tv - 31 Maret 2023, 21:11 WIB
apa-itu-siklon-tropis-herman-picu-cuaca-ekstrem-hingga-badai-di-beberapa-wilayah
BMKG mendeteksi kemunculan siklon tropis Herman di Samudera Hindia sebelah selatan Banten yang berpotensi memicu cuaca ekstrem di beberapa wilayah di Indonesia. (Sumber: ANTARA/Kompas TV)
Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat waspada akan potensi cuaca ekstrem akibat siklon tropis Herman.

BMKG mendeteksi kemunculan siklon tropis Herman di Samudera Hindia sebelah selatan Banten, Jawa Barat, yang berpotensi memengaruhi cuaca di beberapa wilayah di Indonesia.

Siklon tropis Herman merupakan badai dengan kekuatan yang besar. Radius rata-rata siklon tropis mencapai 150 hingga 200 km.

Siklon tropis terbentuk di atas lautan luas yang umumnya mempunyai suhu permukaan air laut hangat, lebih dari 26,5 derajat Celcius.

Angin kencang yang berputar di dekat pusatnya mempunyai kecepatan angin lebih dari 63 km/jam.

Baca Juga: BMKG: Siklon Tropis Herman Melemah, Warga Diminta Tetap Waspada Cuaca Buruk!

Deputi Meteorologi BMKG Guswanto di Jakarta, menyampaikan siklon tropis Herman terpantau di Samudera Hindia sebelah selatan Banten.

Siklon tersebut berada di sekitar 14,4 lintang selatan dan 103,0 bujur timur dengan kecepatan angin maksimum 55 knot dan tekanan udara minimum sebesar 987 milibar (mb).

"Diperkirakan intensitas siklon tropis Herman menurun dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah timur-tenggara menjauhi Indonesia," kata Guswanto, Kamis (30/3/2023), dikutip dari Antara.

Ia mengemukakan, dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia dalam 24 jam ke depan adalah hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang di wilayah Bengkulu, Lampung, Banten, dan Jawa Barat.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x