Kompas TV religi beranda islami

Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi di Bulan Ramadan? Simak Penjelasan Ahli

Kompas.tv - 27 Maret 2023, 18:02 WIB
kapan-waktu-yang-tepat-untuk-minum-kopi-di-bulan-ramadan-simak-penjelasan-ahli
Ilustrasi. Kapan waktu yang tepat minum kopi di bulan puasa. (Sumber: Unsplash/ Priscilla Du Preez)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak digemari masyarakat. Umumnya, kopi diminum saat pagi hari. Lalu, kapan waktu yang tepat minum kopi di bulan puasa Ramadan?

Dosen Ilmu Gizi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang Dr. Zen Amsi, S.Gz. M.Si menyebutkan, karena minum kopi di bulan Ramadan hanya bisa dilakukan di malam hari, waktunya pun harus disesuaikan.

Zen menjelaskan, jangan minum kopi dalam keadaan perut kosong. Saat berbuka puasa, disarankan untuk tidak langsung meminum kopi. 

Baca Juga: Sudan Miliki Minuman Wajib Berbuka saat Puasa Ramadan, Terbuat dari Jagung dan Rempah-rempah

"Berikan jeda setelah mengkonsumsi makanan lain terlebih dahulu. Intinya hindari konsumsi pada saat lambung dalam kondisi kosong," jelas Zen, Sabtu (25/3/2023), seperti dikutip dari Bangkapos.com.

“Terlebih lagi pada beberapa orang yang mempunyai riwayat mengalami gangguan pencernaan seperti gastritis (maag).”

Begitupun jika ingin minum kopi saat sahur. Zen mengimbau untuk memenuhi asupan energi terlebih dahulu, baru minum kopi jika masih ada waktu.

Dia juga mengimbau untuk memilih sajian kopi dengan kandungan gula yang rendah, termasuk menghindari campuran susu dan krimer yang banyak.

“Konsumsi makanan dan minuman tinggi gula akan menyebabkan tubuh menjadi lemas pada siang hari puasa," jelasnya.

Baca Juga: Ramadan di Hong Kong, Umat Islam Berkumpul Buka Puasa di Masjid untuk Pertama Kalinya Sejak 2019

Tips Minum Kopi di Bulan Puasa

Selain memperhatikan waktu minum, konsumsi kopi di bulan puasa juga harus memperhatikan sejumlah hal, termasuk soal porsi, jenis kopi, dan kondisi tubuh.

Dilansir Kompas.com, usahakan untuk tidak minum kopi lebih dari dua cangkir per hari. Kopi merupakan salah satu minuman yang bersifat diuretik sehingga dikhawatirkan tubuh seseorang akan lemas saat berpuasa.

Untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa, pastikan asupan air minum Anda cukup. Minum dua gelas air saat sahur dan lima gelas selepas buka hingga sebelum tidur.

Selain itu, perhatikan jam tidur Anda. Kebanyakan minum kopi membuat tak bisa tidur dan berujung pada penurunan produktivitas.


 



Sumber : Bangkapos, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x