Kompas TV bisnis keuangan

Tanda Seseorang Telah Mencapai Financial Freedom

Kompas.tv - 24 Maret 2023, 14:00 WIB
tanda-seseorang-telah-mencapai-financial-freedom
Merdeka finansial adalah kondisi keuangan yang diimpikan oleh semua orang. (Sumber: Freepik/Freepic-diller)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebagian besar orang berupaya mencapai kondisi merdeka finansial sebagai salah satu resolusi keuangan. Secara sederhana, merdeka finansial adalah kondisi ketika seseorang terbebas dari utang, memiliki tabungan, investasi, dan uang yang cukup.

Selain itu, merdeka finansial merupakan kondisi saat kebutuhan keuangan telah tercukupi dengan baik untuk mencapai tujuan hidup. Dengan demikian, seseorang tak perlu mengkhawatirkan keuangan di kemudian hari.

Informasi ini pun dibahas oleh jurnalis Harian Kompas, Joice Tauris Santi dalam siniar CUAN bertajuk “Cara Merdeka Finansial?” dengan tautan akses dik.si/CUANMerdeka.

Lantas apa saja ciri-ciri seseorang telah mencapai merdeka finansial? Dilansir dari Kompas, berikut ulasannya.

Memiliki Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah hal penting bagi seseorang untuk dapat merdeka secara finansial. Dengan memilikinya, cash flow bulanan seseorang tak terganggu jika mendadak sakit.

Pasalnya, sebagian atau seluruh biaya pengobatan ditanggung oleh perusahaan asuransi yang memberi jasa pertanggungan risiko.

Baca Juga: Pentingnya Menerapkan Kepemimpinan Otentik

Memiliki asuransi kesehatan akan membuat seseorang merasa tenang, nyaman, dan aman karena risiko kesehatan telah terproteksi sehingga semakin mendekatkan diri dalam mencapai merdeka finansial.

Memiliki Asuransi Jiwa

Selain asuransi kesehatan, seseorang dapat dikatakan telah merdeka secara finansial ketika memiliki asuransi jiwa. Pasalnya, asuransi jiwa memberikan perlindungan finansial dalam bentuk uang pertanggungan.

Uang tersebut dibayarkan ketika orang yang diasuransikan atau tertanggung meninggal dunia. Syarat dan ketentuan terkait jumlah uang pertanggungan sesuai dengan yang tertera pada kesepakatan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x