Kompas TV pendidikan kampus

Peserta Curang Saat UTBK SNBT 2023 Terancam Sanksi

Kompas.tv - 21 Maret 2023, 14:56 WIB
peserta-curang-saat-utbk-snbt-2023-terancam-sanksi
Ilustrasi UTBK SNBT 2023. (Sumber: Antaranews)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023 dibuka 23 Maret 2023.

UTBK SNBT 2023 adalah jalur alternatif kedua bagi para siswa untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN). Seleksi ini memiliki kuota lebih besar ketimbang Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Mochamad Ashari mengatakan calon peserta UTBK 2023 untuk memiliki keyakinan diri dan berdoa agar ujian dapat berjalan lancar.

Selain itu, Ashari menekankan pentingnya sportivitas dan kepercayaan diri bagi peserta UTBK SNBT 2023.

Peserta harus yakin dapat menyelesaikan semua soal UTBK. Ia mengatakan segala tindak kecurangan akan diproses oleh aparat penegak hukum. 

Baca Juga: Calon Mahasiswa Harus Cermat! Peserta yang Lulus Jalur SNMPTN/SNBP Tak Diizinkan Ikut UTBK SNBT 2023

"Jika ada yang berbuat curang menggunakan teknologi, panitia memiliki sistem pencegahan dan pengamanan. Jika tertangkap, peserta akan dihentikan dan akan diproses oleh aparat penegak hukum," kata dia, Selasa (21/3/2023) dalam sosialisasi pendaftaran UTBK SNBT.

Peserta diimbau waspada isu bocoran soal

Ashari juga mengingatkan agar calon peserta untuk mewaspadai adanya isu terkait bocoran soal ujian UTBK SNBT 2023. Pasalnya soal UTBK memiliki bentuk yang berbeda-beda tiap peserta.

"Jangan percayai informasi semacam itu. Soal UTBK dirancang dengan tampilan yang berbeda untuk setiap individu. Jadi, jika ada peserta yang mencoba untuk mencontek, jawabannya tidak akan sama," jelas dia.

Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tersebut juga mengatakan terdapat perbedaan soal UTBK SNBT 2023 jika dibandingkan dengan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Baca Juga: Jadwal Lengkap SNPMB 2023 Jalur SNBP dan UTBK-SNBT

Tahun ini UTBK SNBT 2023 sama-sama dilaksanakan dalam dua gelombang tes dengan perbedaan utama pada sisi konten atau soal.

Sementara pada Tahun 2022, tes terdiri dari dua macam yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).

"Jadi untuk menghadapi UTBK SNBT 2023, peserta harus tetap tenang dan santai. Kami yakin Anda punya kemampuan masing-masing orang berbeda. Calon mahasiswa bisa menyelesaikan soal UTBK dengan cepat dan tepat," pungkas dia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x