Kompas TV nasional peristiwa

Masyarakat Kecewa, Jatah Mudik Gratis Kemenhub Ludes dalam Sehari, Ada Kuota Tambahan?

Kompas.tv - 16 Maret 2023, 06:03 WIB
masyarakat-kecewa-jatah-mudik-gratis-kemenhub-ludes-dalam-sehari-ada-kuota-tambahan
Bagi anda yang ingin memanfaatkan layanan mudik gratis dari Kementerian Perhubungan, bisa melakukan pendaftaran mulai hari ini, Senin (13/3/2023), sejak pukul 14.00 WIB. (Sumber: Instagram @ditjen_hubdat)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jatah atau kuota penumpang mudik gratis yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ludes dalam sehari.

"Kali ini Mindat harus memberi informasi dengan berat hati bahwa kuota Mudik Gratis telah habis hanya dalam waktu kurang dari 24 jam," tulis keterangan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat lewat Instagram milik mereka, @ditjen_hubdat, Selasa (14/3/2023).

Padahal pendaftaran baru dibuka pada Senin (13/3) lalu pukul 14.00 WIB. Namun, pada Selasa kemarin kuota mudik gratis Kemenhub sudah habis. Dalam program mudik gratis ini, penumpang bisa tetap membawa motor saat mudik menggunakan bus.

Nantinya motor akan diangkut terpisah menggunakan truk.

Baca Juga: PT KAI Siapkan Kereta Api Tambahan Untuk Mudik Lebaran

Masyarakat kecewa kehabisan tiket

Kekecewaan masyarakat meluap usai mereka tak bisa mendapatkan tiket kuota mudik gratis Lebaran 2023 dari Kemenhub ini. Mereka mengaku mendapatkan kendala pada situs yang kerap eror ketika mencoba memesan tiket gratis ini.

Beberapa warganet berharap agar Kemenhub akan mengadakan kuota tambahan atau "kloter kedua" untuk mudik gratis pada tahun ini.

"Adain kuota tambahan kaya tahun lalu min," tulis netizen.

"Niat pgn ikutan mudik gratis,, karna sistem error ,pas udh bisa, tiket udh habis.. Adain lagi donk kloter ke 2 nya," tulis netizen lain.

"Bismillah kloter kedua. Tim berharap kloter kedua berdoa semoga ada kemungkinan kecil dpt aamiin," ungkap akun lain.


Baca Juga: Simak 5 Posko Validasi Peserta Mudik Gratis Kemenhub Lebaran 2023 di Jabodetabek

Kemenhub beri kuota mudik tambahan?

Menanggapi keinginan warganet untuk mendapatkan kuota tambahan mudik gratis via darat dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kepala Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pitra Setiawan menyatakan bahwa hingga saat ini pihaknya belum membuka kuota tambahan.

"Hingga saat ini belum ada info (kuota tambahan) lagi," jelas Pitra, Rabu (15/3) dikutip dari Kompas.com.

Sebagai alternatif, ia merekomendasikan masyarakat untuk mengikuti program mudik gratis dari kementerian atau instansi lainnya, seperti yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan BUMN.

Baca Juga: 79.786 Tiket Kereta Mudik Lebaran di Yogyakarta Sudah Terjual, Ini Rute Paling Diincar

"Akan ada mudik gratis lain yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan BUMN," jelas dia.

Sebelumnya, Kemenhub telah menyediakan kuota lebih dari 24.000 penumpang dan 900 unit sepeda motor untuk program mudik gratis via darat.

Rencananya, program ini akan diberangkatkan pada tanggal 17 hingga 18 April 2023 melalui terminal-terminal yang telah ditentukan.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x