Kompas TV nasional rumah pemilu

Prabowo Terlihat Mesra dengan Ganjar, Cak Imin: Nggak Masalah, yang Penting Koalisi PKB Kuat

Kompas.tv - 12 Maret 2023, 15:57 WIB
prabowo-terlihat-mesra-dengan-ganjar-cak-imin-nggak-masalah-yang-penting-koalisi-pkb-kuat
Foto arsip. Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dalam pertemuan dengan sejumlah nelayan di Muara Angke, Jakarta Utara, Minggu (5/3/2023). (Sumber: Humas PKB via ANTARA)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, angkat bicara soal kebersamaan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang dinilai mesra.

Seperti diberitakan sebelumnya, Prabowo dan Ganjar mendampingi Presiden Joko Widodo dalam acara panen raya di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/3/2023) lalu. Potret kedekatan Prabowo-Ganjar-Jokowi pun menimbulkan spekulasi politis.

Cak Imin pun menanggapi dengan ringan isu kedekatan Prabowo dan Ganjar.

"Nggak masalah (kedekatan Prabowo-Ganjar), yang penting bagi PKB, (di) Pilpres, yang ada dalam koalisi PKB-Gerindra ini punya kekuatan untuk menang," katanya dalam acara peringatan Hari Perempuan Internasional di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu (12/3), seperti dilaporkan jurnalis KOMPAS TV, Intan Azhar dan Vebry.

Baca Juga: Relawan Ganjar: Peluang Prabowo Menang Lebih Tinggi Jika Jadi Wakil Ganjar Pranowo

Muhaimin pun mengaku pihaknya dan Gerindra terbuka untuk menerima partai-partai lain bergabung ke koalisi.

Mengenai isu bergabungnya PKB-Gerindra ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Cak Imin sebatas menyatakan pihaknya telah menjalin komunikasi dengan Golkar.

"Kita saling komunikasi intensif dengan Golkar sudah sangat dekat, artinya PKB-Golkar-Gerindra semakin dekat," katanya.

KIB diprakarsai Golkar, PAN, dan PPP.

Cak Imin juga menegaskan koalisinya belum menentukan pasangan capres untuk Pilpres 2024. Mengenai kans duet Prabowo-Ganjar, Wakil Ketua DPR itu pun enggan menjawab detail.

"Tidak ada, belum ada bahasan untuk mengusung siapa pun. Pokoknya komunikasi politik jalan terus. Soal siapa yang diusung nanti saya sama Pak Prabowo yang memutuskan," kata Muhaimin.

PKB sendiri menghendaki Muhaimin Iskandar maju sebagai capres 2024 sesuai hasil muktamar. Namun, dalam survei-survei terkini, elektabilitas Cak Imin masih kalah dari nama-nama seperti Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto.

Baca Juga: Jokowi Disebut 'Ngode' Duet Ganjar-Prabowo, Aria Bima: di PDIP Hanya Ada Queen Maker


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x