Kompas TV nasional rumah pemilu

Jokowi Disebut 'Ngode' Duet Ganjar-Prabowo, Aria Bima: di PDIP Hanya Ada Queen Maker

Kompas.tv - 10 Maret 2023, 20:16 WIB
jokowi-disebut-ngode-duet-ganjar-prabowo-aria-bima-di-pdip-hanya-ada-queen-maker
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (tengah) dan Presiden Joko Widodo berjalan di tengah sawah dalam kunjungan kerja mereka ke Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/3/2023). (Sumber: Humas Pemprov Jateng via ANTARA)
Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Momen kebersamaan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi pemandangan tak biasa, terlebih menjelang tahun politik 2024.

Kebersamaan tiga tokoh nasional di area panen raya padi di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah pada Kamis (8/3/2023) itu, dikait-kaitkan dengan Pemilu 2024.

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan tak heran jika banyak orang memandang momen kebersamaan Jokowi, Ganjar, dan Prabowo sebagai kode-kode untuk Pemilu 2024. 

Dia mengatakan bukan kali ini saja momen Presiden bersama Ganjar atau momen Jokowi bersama Prabowo tertangkap kamera.

Baca Juga: Jokowi, Ganjar, dan Prabowo Panen Padi Bersama, PKB: Kami Yakin Gerindra Jaga Komitmen

"Yang menarik dari peristiwa kemarin adalah ketika orang kemudian bertanya-tanya sebelumnya terkait Prabowo or Ganjar, kemarin menjadi Prabowo and Ganjar atau Ganjar and Prabowo," ucap Yunarto dalam Sapa Indonesia Malam Kompas TV, Jumat (10/3/2023).

Menariknya lagi, kata dia, kedua nama tokoh politik tersebut memang memuncaki peringkat elektabilitas lembaga survei dalam beberapa bulan terakhir.

"Bahkan di Litbang Kompas terakhir ada di peringkat 1 (Ganjar) dan di peringkat 2 (Prabowo) dan memang bisa menjadi kekuatan yang sangat besar," lanjutnya.

Selain itu, Yunarto menilai Ganjar dan Prabowo memiliki sisi komplementer satu sama lain. Hal ini karena keduanya memiliki potensi basis pendukung yang besar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x