Kompas TV nasional rumah pemilu

Ganjar dan Erick Thohir Masuk Radar, tapi Saat Ini PAN Masih Usung Zulkifli Hasan

Kompas.tv - 27 Februari 2023, 20:04 WIB
ganjar-dan-erick-thohir-masuk-radar-tapi-saat-ini-pan-masih-usung-zulkifli-hasan
Waketum PAN Viva Yoga Mauladi dalam Kompas Petang Kompas TV, Senin (27/2/2023). Ia mengatakan KIB belum menentukan kandidat pasangan capres dan cawapres yang akan diusung pada Pilpres 2024. (Sumber: Tangkapan layar tayangan KOMPAS TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV – Nama Ganjar Pranowo dan Erick Thohir masuk radar sebagai salah satu kandidat pasangan capres-cawapres yang akan diusung Partai Amanat Nasional (PAN). Namun hingga saat ini, PAN masih mengusung Ketua Umum Zulkifli Hasan di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN Viva Yoga Mauladi menjelaskan, KIB belum menentukan kandidat pasangan capres dan cawapres yang akan diusung pada Pilpres 2024.

“Untuk keputusan KIB, masing-masing diambil dari keputusan masing-masing parpol,” tuturnya dalam dialog Kompas Petang Kompas TV, Senin (27/2/2023).

“Saat ini KIB masih mengusung masing-masing ketua umum, jadi PAN ada Bang Zulkifli Hasan, di Golkar ada Pak Airlangga (Hartarto), dan di PPP ada Pak Mardiono.”

Viva menegaskan, masing-masing partai politik (parpol) anggota KIB akan mengusulkan pasangan kandidat capres-cawapres.

“Jadi, keputusan untuk menentukan siapa pasangan calon itu tergantung pada partai politik.”

“Nanti akan kita monitoring, kita lihat perkembangan politiknya, karena KIB ini dalam mengusung pasangan calon harus dapat memenangi pemilihan presiden, agar mampu melanjutkan program-program perubahan yang ada sekarang,” urainya.

Baca Juga: Pengamat Nilai Sangat Realistis jika PAN Ingin Usung Ganjar-Erick Thohir sebagai Capres-Cawapres

Kedua, lanjut Viva, kandidat yang diusung harus dapat menjalankan platform KIB.

“Ketiga, ini semuanya adalah dalam rangka untuk membangun kekuatan, bisa mengembangkan suasana untuk peradaban Indonesia.”

Saat ditanya mengenai isyarat dukungan bagi pasangan Ganjar-Erick Thohir, Viva menyebut sampai saat ini pihaknya belum memutuskan akan mengusung kandidat mana pun.

“Ini kan belum ada keputusan mau mengusung siapa.”




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x